Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Texmaco Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4268Keywords:
ejaan, bahasa Indonesia, laporan prakerin, buku sakuAbstract
Berbahasa sesuai dengan aturan sangat penting dilakukan. Adapun aturan dalam berbahasa terutama bahasa tulis, merujuk pada kaidah kebahasaan dalam bahasa Indonesia, yakni Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Kesalahan penggunaan ejaan masih sering dijumpai dalam tulisan-tulisan siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan ejaan bahasa Indonesia siswa di SMK Texmaco Karawang dalam laporan prakerin (praktik kerjas industri) siswa untuk dijadikan buku saku kata baku sebagai rekomendasi buku pendamping dalam penyusunan laporan prakerin siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif, pendekatan yang sangat cocok dengan data dalam bentuk tulisan dan data yang memerlukan pendeskripsian. Karena banyaknya data maka sampel diambil secara acak (random) sehingga terpilihlah sampel data penelitian, yakni laporan prakerin kelas XI terbaru yang masuk pada bagian hubungan industri sekolah pada periode bulan Maret 2022. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian menggunakan teknik analisis dokumen dan teknik lanjutan berupa simak dan catat. Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penyimpulan dan verifikasi, dan 4) kesimpulan akhir. Hasil penelitian ditemukan 230 kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dengan rincian: kesalahan pemakaian huruf sejumlah 122, kesalahan penulisan kata sejumlah 89, kesalahan pemakaian tanda baca sejumlah 17, dan ditemukan 2 kesalahan penggunaan unsur serapan. Adapun pemanfaatan dari data hasil analisis adalah penyusunan buku saku kata baku bahasa Indonesia sebagai rekomendasi penulisan laporan prakerin siswa karena di dalamnya termuat kesalahan-kesalahan ejaan yang sering muncul dalam laporan prakerin.Downloads
Downloads
Published
2023-07-01
How to Cite
Febriana, H. A., Supriadi, O., & Setiawan, H. (2023). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Texmaco Karawang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 180–191. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4268
Issue
Section
Articles
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.