Analisis Kemampuan Etika Komunikasi Lisan Mahasiswa Calon Guru Agama Katolik dalam Konteks Pendidikan dan Pelayanan

Authors

  • Serapina Serapina Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v14i1.8959

Keywords:

etika komunikasi lisan, calon guru agama katolik, pendidikan dan pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan etika komunikasi lisan mahasiswa calon guru Agama Katolik dalam pendidikan dan pelayanan pastoral serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya dan implikasinya terhadap peran mereka sebagai pendidik dan pewarta iman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi kelas dan wawancara mendalam untuk menganalisis etika komunikasi lisan mahasiswa calon guru Agama Katolik di Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan etika komunikasi mereka dalam konteks pendidikan dan pelayanan pastoral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru Agama Katolik sudah baik dalam aspek kejujuran, sikap hormat, kemampuan mendengarkan aktif, dan tanggung jawab moral, namun masih perlu peningkatan dalam empati, ketepatan bahasa dan intonasi, serta konsistensi antara kata dan tindakan. Faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan etika komunikasi lisan mereka meliputi pendidikan formal, lingkungan sosial dan budaya, pengalaman pribadi dan spiritualitas, pemahaman ajaran Agama Katolik, serta penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Downloads

References

Hamu, F. J. (2019). Kompetensi guru agama katolik. E-Jurnal.Stipas.Ac.Id, 53(9), 1692.

Iryanto, A., & Ardijanto, D. B. K. (2019). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Katolik Tentang Tugas Misioner Gereja Dan Pelaksanaannya Di Slta Katolik Kota Madiun. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 19(1), 100–115. https://doi.org/10.34150/jpak.v19i1.171

Khoiriah, F. (2024). Peran Guru dalam Membina Etika Komunikasi Lisan Bagi Siswa. 2(2), 125–130.

Laka, L., & Hatmoko, T. L. (2025). Karakter Siswa SMAK Kolese Santo Yusup Malang Ditinjau dari Pelayanan Pastoral Konseling Guru Pendidikan Agama Katolik dan Keterlibatan Orang Tua. 202–211.

Leona Lovita. (2023). Analisis Pengaruh Media Sosial melalui Aplikasi Digital TikTok sebagai Media Persuasif terhadap Penerapan Etika Berkomunikasi pada Mahasiswa. 10(1), 181–192.

Lias, H., & Dewantara, A. W. (2022). Spiritualitas Guru Agama Katolik Berdasarkan Gravissimum Educationis. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(2), 2016–2215. https://doi.org/10.34150/jpak.v22i2.404

Muhammad Farhan Ramadhan. (2023). Pergeseran Etika Komunikasi Murid terhadap Guru melalui Media Perantara Daring dalam Sistem. 6(November), 8675–8683.

Mutiarani, U. P., Karimah, N., & Syarafa, Y. P. (2024). Etika Komunikasi Dalam Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa. 2.

Nikita, A., Sinuraya, B., Ndruru, M. A., Pratama, T., & Halawa, Y. (2024). Etika Komunikasi di Media Sosial Mahasiswa Mik di Stikes Santa Elisabeth Medan. 3(2), 114–119. https://doi.org/10.54259/mukasi.v3i2.2413

Pohan, S., Syafitri, N., Marpaung, B., Br, A., & Safitri, A. (2023). Implementasi Nilai Pancasila dalam Etika Komunikasi pada Calon Guru Profesional sebagai Fasilitator. 5(3), 79–84.

Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. 5(3), 429–437.

Purwadi. (2021). Etika Komunikasi dalam Budaya Jawa. 239–249.

Reynaldi. (2024). ETIKA Komunikasi Mahasiswa pada Dosen di Media Sosial WhatsApp. 7(2), 131–154.

Sari, A. F., Sari, F., Si, M., & Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi kepada Mahasiswa. 1(2), 127–135.

Sudarto. (2024). Ethics Of Communication Of The Students To Their. 6(1), 10–17.

Widiatna, A. D. (2020). Transformasi Pendidikan Calon Katekis Dan Guru Agama Katolik Di Era Digital. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 20(2), 66–82. https://doi.org/10.34150/jpak.v20i2.280

Yora, E., & Chontina, T. (2021). Etika berkomunikasi dalam era media digital. 3(4), 38–45

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Serapina, S. (2025). Analisis Kemampuan Etika Komunikasi Lisan Mahasiswa Calon Guru Agama Katolik dalam Konteks Pendidikan dan Pelayanan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(1), 101–113. https://doi.org/10.31571/bahasa.v14i1.8959