Pengaruh Penggunaan AI Generatif terhadap Kemampuan Menulis Esai Siswa SMA pada Tahun 2025

Authors

  • Eko Adi Sumitro Universitas Wiraraja
  • Siddik Ramadhan Universitas Wiraraja

Keywords:

AI generatif, ChatGPT, menulis esai, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan AI generatif, khususnya ChatGPT, terhadap kemampuan menulis esai siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan yang mulai dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) digunakan dalam penelitian ini. Dua kelas dari salah satu SMA di Jakarta dijadikan sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen yang diberikan penggunaan AI generatif dalam proses penulisan esai dan kelas kontrol yang diberikan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes menulis esai sebelum dan sesudah perlakuan, lembar observasi, serta angket persepsi siswa digunakan untuk mengumpulkan data. Dari hasil analisis data, perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis esai siswa yang menggunakan AI generatif dan yang tidak digunakan ditemukan. Peningkatan pada aspek struktur, kosakata, dan koherensi tulisan ditunjukkan oleh siswa yang menggunakan AI generatif. Namun, potensi ketergantungan terhadap teknologi serta penurunan orisinalitas pada sebagian siswa juga ditemukan. Penggunaan AI sebagai alat bantu dalam pembelajaran menulis direkomendasikan dalam penelitian ini, dengan pengawasan dan pembimbingan yang tepat dari guru.

Downloads

Author Biography

Eko Adi Sumitro, Universitas Wiraraja

Universitas Wiraraja

References

Arifdarma, I. (2023). Pengaruh Teknologi ChatGPT Terhadap Dunia Pendidikan: Potensi Dan Tantangan.

Birt, L., Scott, S., Cavers, D., Campbell, C., & Walter, F. (2016). Member Checking: A Tool to Enhance Trustworthiness or Merely a Nod to Validation? Qualitative Health Research, 26(13), 1802–1811.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Hilir, A. (2021). Teknologi Pendidikan di Abad Digital.

Hwang, G.-J., & Tu, Y.-F. (2021). Roles and Research Trends of Artificial Intelligence in Mathematics Education: A Bibliometric Mapping Analysis and Systematic Review. Proceedings - 2021 2nd International Conference on Computational Methods in Science and Technology, ICCMST 2021, 202–205. https://doi.org/10.1109/ICCMST54943.2021.00050

Kasneci, E., Sessler, K., Küchemann, S., Bannert, M., Dementieva, D., Fischer, F., Gasser, U., Groh, G., Günnemann, S., Hüllermeier, E., Krusche, S., Kutyniok, G., Michaeli, T., Nerdel, C., Pfeffer, J., Poquet, O., Sailer, M., Schmidt, A., Seidel, T., ... Kasneci, G. (2023). ChatGPT for good? On opportunities and challenges of large language models for education. Learning and Individual Differences, 103, Article 102274. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102274

Kemendikbudristek. (2024). Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Lund, B. D., & Wang, T. (2023). Chatting about ChatGPT: how may AI and GPT impact academia and libraries? Library Hi Tech News.

Patton, M. Q. (1999). Enhancing the quality and credibility of qualitative analysis. Health Services Research, 34(5 Pt 2), 1189–1208.

Pham, S. T., & Sampson, P. M. (2022). The development of artificial intelligence in education: A review in context. Journal of Computer Assisted Learning, 38(5), 1408–1421.

Salmi, J., & Setiyanti, A. A. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 399–406.

Setiawan, D. (2023). Peran Chat Gpt ( Generative Pre-Training Transformer ) Dalam Implementasi Ditinjau Dari Dataset. 3, 9527–9539.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Alfabeta (ed.)).

Tambora, J. (2024). Terhadap Penggunaan Chatgpt Dalam Proses Pembelajaran ( Studi Kasus Di Universitas Samawa Fakultas Ekonomi Dan Manajemen ) Analysis of Student Perception and Preference Toward the Use of ChatGPT in the Learning Process ( Case Study at Samawa University Faculty of Economics and Management ). 8(2), 10–24.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Sumitro, E. A., & Ramadhan, S. (2025). Pengaruh Penggunaan AI Generatif terhadap Kemampuan Menulis Esai Siswa SMA pada Tahun 2025. Jurnal Pendidikan Bahasa, 14(1), 24–31. Retrieved from https://journal.upgripnk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/9075