Pelatihan Debate Model Parlemen Inggris Berbasis Online untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumentasi Mahasiswa

Authors

  • Masriatus Sholikhah STKIP PGRI JOMBANG
  • Fahmi Syahab
  • Riris Nur Eriyanti

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3479

Keywords:

Debat Model Parlemen Inggris, Berfikir Kritis. Aplikasi debate timer.

Abstract

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Prodi Bahasa Inggris STKI PGRI Jombang. Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh:(1) minimnya pelaksanaan pelatihan kemampuan public speaking dan berfikir kritis mahasiswa;(2) minimnya waktu untuk penjaringan delegasi dan pengenalan, pelatihan, dan pendampingan debat sehingga menyebabkan kurang memuaskannya kualitas delegasi kompetisi NUDC;(3) lemahnya kemampuan berargumentasi dan berlogika. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan maka solusinya meliputi: (1) memberi wokshop tentang jenis mosi debat, dan cara penilai debat dengan model parlemen Inggris;(2) pendampingan latihan debat secara intensif dengan beragam motion terbaru. Adapun hasil dari program pelatihan dan pendampingan yaitu:(1) kegitan pelatihan dan pendampingan debate dengan bentukperlemen inggris berjalan dengan baiakndan mahasiswa sangat antusiaselama kegiatan berlangsung;  (2) hasil dari proses pelatihan debate diunggah pada Platform Youtube; dan (3) adanya peningkatan kemampuan berargumentasi dan berfikir kritis diukur melalui sistem 3M (matter, manner, dan method) dan AREL (Assertion, Reason, Evidence, dan Link back). 

Downloads

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Sholikhah, M., Syahab, F., & Eriyanti, R. N. (2022). Pelatihan Debate Model Parlemen Inggris Berbasis Online untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumentasi Mahasiswa. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 55–66. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3479