Pengembangan Konten Pembelajaran Tematik “Pengenalan Diri†Berbasis Multimedia pada Sekolah TK Santo Yoseph Medan
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3540Keywords:
konten pembelajaran, tematik pengenalan diri, multimediaAbstract
Pandemi Covid-19 berdampak besar pada kegiatan pembelajaran di sekolah dari luring menjadi daring, salah satu sekolah yang terdampak dari pandemi ini adalah TK Santo Yoseph Medan. Demi kelancaran kegiatan pembelajaran, para guru dengan keterbatasan kemampuan dipaksa harus membuat konten pembelajaran. Hasilnya konten yang dihasilkan cenderung bersifat instruksi kerja. Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah menciptakan konten pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran untuk peserta didik. Konten yang diciptakan nantinya akan diserahkan kepada 8 guru yang mengajar pada TK Santo Yoseph untuk diimplementasikan. Metode pelaksanaan diawali dengan melakukan observasi untuk melihat proses pembelajaran yang berjalan dan wawancara guru-guru terkait tematik yang diajarkan untuk persiapan konten yang akan dibuat. Konten pembelajaran dibuat menggunakan aplikasi online Renderforest dan menghasilkan 12 konten pembelajaran dengan tema pengenalan diri. Berdasarkan hasil wawancara terhadap para guru, konten pembelajaran yang dihasilkan sangat menarik dan interaktif sehingga meningkatkan minat belajar para peserta didik.Downloads
Downloads
Additional Files
Published
2022-08-01
How to Cite
Firza, S. U., Barus, A. C., & Agustina, A. (2022). Pengembangan Konten Pembelajaran Tematik “Pengenalan Diri†Berbasis Multimedia pada Sekolah TK Santo Yoseph Medan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 410–423. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3540
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.