Pendampingan Pengajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Multimodal di Kabupaten Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3851Keywords:
media pembelajaran, multimodal digital, bahasa InggrisAbstract
Guru Bahasa Inggris sekolah dasar di Kabupaten Cianjur membutuhkan bimbingan dalam menerapkan media pembelajaran Bahasa Inggris digital yang berbasis multimodal. Pendampingan pengajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimodal merupakan sebuah solusi untuk meningkatkan kompetensi guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Cianjur, khususnya guru Bahasa Inggris di Kecamatan Cipanas. Pendampingan pengajaran Bahasa Inggris dilakukan melalui kegiatan pelatihan serta praktik pengajaran Bahasa Inggris di kelas. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimodal (virtual reality /VR, YouTube, Power Point, LKPD, dan laptop). Pendampingan dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan penagbdian ini membantu para guru menggunakan virtual reality/VR yang terintegrasi dengan beberapa media pembelajaran berbasis multimodal dalam sebuah pembelajaran Bahasa Inggris, mengunduh video 3600 dari kanal YouTube, memilih video 3600 yang tepat untuk pengajaran Bahasa Inggris, serta menstimulus pengetahuan siswa dengan menggunakan sejumlah media pembelajaran berbasis multimodal lainnya. Dengan demikian, para guru Bahasa Inggris diharapkan mampu melaksanakan pengajaran Bahasa Inggris yang lebih menarik dan interaktif bagi siswanya.Downloads
Downloads
Published
2022-08-01
How to Cite
Nurviyani, V., Halimah, H., Sanda, V. L., Tadjudin, I. R., & Ummah, U. B. (2022). Pendampingan Pengajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Multimodal di Kabupaten Cianjur. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 477–492. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3851
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.