PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PJOK DALAM MENGAJAR GERAK LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITA MELALUI TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i1.6693Abstract
Salah satu permasalahan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam mengajar anak tunagrahita adalah kurangnya partisipasi aktif mereka pada materi yang disampaikan. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru PJOK khususnya dalam mengajar materi gerak lokomotor pada anak tunagrahita dengan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU). Metode pelaksanaan yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada 14 guru SLB-E Bhina Putera. Peningkatan kemampuan guru dilihat dari partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum dan sesudah sosialisasi dengan menggunakan lembar observasi. Hasil observasi menunjukkan peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran gerak lokomotor, yang berarti bahwa guru mampu mengelola kelas lebih baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam mengajar meningkat setelah mengikuti kegiatan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febriani Fajar Ekawati, Tri Winarti Rahayu, Budhi Satyawan, Ismaryati, Deddy Whinata Kardiyanto, Bambang Wijanarko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.