PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR LABORATORIUM KIMIA UNTUK SISWA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i2.7625Abstract
Pembelajaran praktikum adalah bagian penting dalam pembelajaran kimia karena dengan praktikum siswa juga mempelajari pengetahuan teoritis melalui aplikasi dengan berbagai alat dan mereka memperoleh pengalaman praktis. Pengetahuan keterampilan laboratorium kimia siswa SMA di Kota Ternate berada pada kategori rendah, sehingga dibutuhkan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan laboratorium siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar laboratorium siswa dalam menimbang, memipet, menyiapkan larutan, mengukur pH, keselamatan laboratorium, dan melakukan penyaringan serta memberikan pengetahuan kepada siswa dalam hal mengenali, mengidentifikasi, dan mengatur penggunaan peralatan laboratorium. Metode yang dilakukan adalah pelatihan dan pendampingan. Peserta PKM adalah siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kota Ternate yang berjumlah 32 orang. Bentuk evaluasi yang dilakukan untuk mengukur keterampilan laboratorium adalah dalam bentuk observasi. Hasil pengabdian menunjukkan rata-rata keterampilan laboratorium siswa sebesar 82% berada dalam kategiri baik. Sehingga melalui pengabdian ini ada peningkatan keterampilan laboratorium siswa dari kategori rendah menjadi kategori baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurfatimah Sugrah; Khadijah, Khusna Arif Rakhman, Linda Kurnia Mustafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.