PENDAMPINGAN PENYUSUNAN E-LKPD UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPA DI KOTA LANGSA

Authors

  • Mauliza Mauliza Universitas Samudra
  • Coryna Oktaviani Universitas Samudra
  • Nurhafidhah Nurhafidhah Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.7848

Abstract

Urgensi pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah pelaksanaan kurikulum merdeka yang mengacu pada KMA 347 Tahun 2022 menyebabkan guru MGMP MTs kota Langsa membutuhkan kegiatan pendampingan tentang adaptasi teknologi pembelajaran IPA untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka, khususnya penyusunan bahan ajar seperti E-LKPD. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini menjadi solusi bagi MGMP MTs kota Langsa. Tujuan PKM adalah: (1) meningkatkan pengetahuan mitra tentang E-LKPD IPA untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, (2) meningkatkan kemampuan dan kreativitas mitra dalam membuat E-LKPD IPA untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan PKM menunjukkan rata-rata nilai pengetahuan dan kemampuan awal peserta adalah 37 menjadi 72 setelah kegiatan, serta peningkatan kreativitas dari nilai rata-rata 37 menjadi 67 pada posttest. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan penyusunan E-LKPD untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dapat menyelesaikan permasalahan mitra.

Downloads

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Mauliza, M., Oktaviani, C., & Nurhafidhah, N. (2025). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN E-LKPD UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPA DI KOTA LANGSA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 613–625. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.7848