PENDAMPINGAN MATEMATIKA UNTUK DISABILITAS NETRA MELALUI HURUF BRAILLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.7901Abstract
Tujuan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada disabilitas netra dengan media pembelajaran berbasis huruf Braille yang komprehensif, menciptakan metode pengajaran matematika yang inklusif dan adaptif, serta menyediakan pelatihan khusus bagi pendidik. Metode pengabdian dilakukan mualai dari analisis permasalahan, pemecahan masalah, pendampingan, hingga tahap evaluasi. Instrumen pendukung yang digunakan berupa soal tes literasi geometri berbasis braille dan media taktil 3D. Braille, alat bantu taktil, dan metode pengajaran yang disesuaikan berhasil mengatasi berbagai kendala yang dihadapi peserta, memberikan mereka kemampuan untuk memahami dan menyelesaikan soal matematika dengan lebih baik. Hasil dari kegiatan ini memberikan wawasan berharga untuk pengembangan kurikulum dan alat bantu yang lebih inklusif, serta metode pengajaran yang lebih efektif bagi penyandang disabilitas netra di masa mendatang. Simpulan dari kegiatan pendampingan matematika ini berhasil mencapai tujuan utama dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta dengan disabilitas netra.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Rahayu Panglipur, Hersiyati Palayukan, Septi Triyani, Firman Ashadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.