PELATIHAN PENGELOLAAN KELAS BERBASIS IT DALAM MENDUKUNG PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Irmawati M Universitas Sulawesi Barat
  • St Harpiani Universitas Sulawesi Barat
  • Uhwah Hasanah Universitas Sulawesi Barat
  • Sigit Tri Nova Universitas Sulawesi Barat
  • Aldi Prawansyah Universitas Sulawesi Barat
  • Nurpadila Universitas Sulawesi Barat
  • Sulistiyawati Universitas Sulawesi Barat
  • Nursakina Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8016

Abstract

Pengelolaan kelas berbasis IT sangatlah penting dilakukan untuk menunjang proyek penguatan profil Pancasila dalam kurikulum merdeka. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi secara efektif untuk mendukung proses pembelajaran, memperkaya pengalaman belajar siswa, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan kelas secara keseluruhan untuk menunjang penguatan proyek profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN No. 58 Inpres Pangale dengan melibatkan guru-guru dalam sekolah tersebut yang dijadikan sebagai peserta pelatihan. Kegiatan ini melibatkan tiga dosen dan lima mahasiswa sebagai tim pengabdi. Alur dalam kegiatan ini yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk mengetahui respons guru terhadap pelaksanaan kegiatan ini adalah menggunakan angket evaluasi yang dibagikan pada saat sebelum kegiatan berlangsung dan setelah kegiatan. Adapun hasil kegiatan diperoleh bahwa sebagian guru sangat puas dengan pelaksanaan kegiatan serta dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan guru dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas berbasis IT.

Downloads

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

M, I., Harpiani, S., Hasanah, U., Nova, S. T., Prawansyah, A., Nurpadila, N., … Nursakina, N. (2025). PELATIHAN PENGELOLAAN KELAS BERBASIS IT DALAM MENDUKUNG PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 25–38. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8016