PENDAMPINGAN PEMANFAATAN LMS MOODLE UNTUK MANAGEMEN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8070Abstract
Tujuan pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SMPN 1 Tinondo adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan LMS dan meningkatkan kuantitas produksi bahan ajar. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tinondo melalui kegiatan pelatihan secara offline dan juga bimbingan via WhatsApp. Selain itu juga dilakukan sosialisasi untuk memperkenalkan LMS ini kepada seluruh warga sekolah. Mitra dalam penelitian ini adalah Kelompok Belajar di SMP Negeri 1 Tinondo beranggotakan 17 orang. Dalam kegiatan tersebut disertai dengan diskusi dan pengarahan untuk menerapkan hasil pelatihan dalam proses pembelajaran. Ada dua target utama dalam kegiatan ini sesuai dengan tujuan kegiatan. Dari hasil pengukuran, kedua target ini masing-masing tercapai. Kemampuan pemanfaatan LMS Moodle meningkat 51,65% sementara peningkatan produksi bahan ajar meningkat 21,7%. Melalui kegiatan PKM ini guru-guru mampu menggunakan LMS Moodle dalam proses belajar mengajar serta mampu membuat konten digital sebagai bahan ajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akbar Nasrum, Andi Tenri Sumpala, Ully Hidayati, Fadri Febrian, Iwan Iwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.