PELATIHAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU TK DALAM PEMBUATAN PAMFLET PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8135Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pelatihan teknologi bagi tenaga pendidik, khususnya dalam pembuatan media promosi sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru Taman Kanak-kanak (TK) dalam mendesain pamflet Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan aplikasi Canva. Sasaran kegiatan adalah 15 guru TK di Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Pelatihan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan peserta dalam menggunakan Canva, serta lahirnya produk pamflet PPDB yang menarik dan komunikatif. Kegiatan ini memberikan manfaat dalam memperkuat literasi digital pendidik dan meningkatkan daya saing sekolah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Her Maria Zulfiati, Abdul Rahim, Nur Huda Abdurrohim, Indah Samiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.