PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU IPA: PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8154Abstract
Tujuan utama dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman peserta pelatihan dalam hal ini adalah 36 orang yang tergabung dalam MGMP IPA Kabupaten Muaraenim. Selain itu, tujuan kegiatan adalah melatihkan guru IPA untuk melakukan inovasi media pembelaharan berupa alat peraga melalui implementasi pendekatan STEM. Participatory Action Research (PAR) menjadi metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan tahapan; 1) Sosialisasi, 2) Pelatihan, 3) Penerapan teknologi, 4) Evaluasi, dan 5) Keberlanjutan program. Berdasarkan hasil data yang didapatkan adalah terdapat peningkatan hasil tes dengan N-gain sebesar 0,79 yang termasuk dalam kategori tinggi. Secara umum, berdasarkan hasil angket, didapatkan bahwa 82% peserta pelatihan sangat setuju bahwa kegiatan pengabdian ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan membuat media pembelajaran berbasis STEM berupa alat peraga pada materi energi terbarukan. Hasil dari kegiatan ini menjadi dasar tim pengabdian untuk melalukan keberlanjutan program kepada mitra agar produk media pembelajaran berbasis STEM secara konsisten dapat digunakan dalam pembelajaran dan dikembangkan seiring perkembangan ilmu pengetahuan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ketang Wiyono, Evelina Astra Patriot

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.