PENDAMPINGAN SISWA MELALUI TEACHING FACTORY UNTUK MENUNJANG USAHA DAN DIGITALISASI PEMASARAN KEBAYA BENGKULU DI SEKOLAH KEJURUAN

Authors

  • Nafri Yanti Universitas Bengkulu
  • Edi Susanto Universitas Bengkulu
  • Vika Fitranita universitas Bengkulu
  • Sarina Sarina Universitas Prof. Dr. Hazairin

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8172

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap kualitas, kuantitas, dan pemasaran digital kebaya Bengkulu melalui program Teaching Factory (TEFA). Fokus lingkup dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari aspek peningkatan kuantitas produksi, kualitas, dan pemasaran digital. Metode dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan PAR (Participatory Action Research) dimana mitra sasaran aktif pada setiap tahapan kegiatan. Tahapan pelaksanaan terdiri dari: 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, 3) evaluasi dan monitoring. Pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pelatihan/pendampingan sasaran. Mitra sasaran dari kegiatan adalah guru dan siswa jurusan tata busana di SMKN 5 Kota Bengkulu dengan jumlah 18 orang siswa. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan sasaran terkait peningkatan kuantitas, kualitas, dan pemasaran digital produk dengan rata-rata pada kriteria tinggi. Kegiatan ini juga menghasilkan produk kebaya dengan ciri khas konteks budaya Bengkulu.

Downloads

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Yanti, N., Susanto, E., Fitranita, V., & Sarina, S. (2025). PENDAMPINGAN SISWA MELALUI TEACHING FACTORY UNTUK MENUNJANG USAHA DAN DIGITALISASI PEMASARAN KEBAYA BENGKULU DI SEKOLAH KEJURUAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 476–489. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8172