PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN STEM BERBASIS ROBOTIK UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERBATASAN

Authors

  • Totok Victor Didik Saputro Institut Shanti Bhuana
  • Silvester Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang, Indonesia
  • Yosua Damas Sadewo Program Doktoral Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Pebria Dheni Purnasari Program Doktoral Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Christian Cahyaningtyas Teknologi Informasi, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang, Indonesia
  • Yeremia Niaga Atlantika Kewirausahaan, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8207

Abstract

Di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, terdapat berbagai tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di sekolah dasar. Tantangan tersebut meliputi keterbatasan dalam penguasaan teknologi serta kurangnya pengalaman dalam menerapkan pembelajaran berbasis praktik. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada 60 guru sekolah dasar dalam memahami dan mengimplementasikan pembelajaran STEM berbasis robotic yang berfokus pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Metode pendampingan yang digunakan adalah GAARANTUNG Coaching Model, yang mencakup tujuh tahap utama: Goal (penetapan tujuan), Aktual (analisis kondisi saat ini), Alternatif (pengembangan opsi tindakan), Rencana (perumusan rencana), Aksi (implementasi), Monitoring (pemantauan), dan Tindak Lanjut (evaluasi dan perbaikan). Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan pengetahuan guru terkait implementasi STEM di sekolah dasar serta kemampuan mereka untuk melakukan praktik langsung pembelajaran berbasis robotik. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di wilayah perbatasan, dengan memanfaatkan teknologi robotik untuk mengembangkan keterampilan STEM siswa secara lebih efektif.

Downloads

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Saputro, T. V. D., Silvester, S., Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., Cahyaningtyas, C., & Atlantika, Y. N. (2025). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN STEM BERBASIS ROBOTIK UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERBATASAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 505–516. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8207