RE-BRANDING DAN RE-POSITIONING IKM ANEKA SAMBAL YKS BERBASIS DIGITALISASI PENTA HELIX UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS USAHA

Authors

  • Umi Hidayati Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Hanif Ramadhan Fahmi Putra Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Imega Syahlita Dewi Universitas PGRI Mpu Sindok
  • Diah Dwi Cahyani Universitas PGRI Mpu Sindok
  • M. Puji Buchori Universitas PGRI Mpu Sindok

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8293

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha dari IKM Aneka Sambal “YKS” dengan melakukan pendampingan proses re-branding dan re-positioning dengan menggunakan konsep digitalisasi penta helix. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini mengadopsi dari pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD). Pendekatan ini sesuai dengan tujuan program pengabdian yang mengintegrasikan pihak terkait dalam konsep Penta Helix (Akademisi, Pelaku Bisnis, Masyarakat, Pemerintah dan Media) untuk meningkatkan kapasitas usaha. Hasil pengabdian menunjukkan pendampingan proses re-branding dan re-positioning dengan menggunakan digitalisasi model penta helix terbukti bisa meningkatkan kapasaitas usaha dari IKM Aneka Sambal “YKS”. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya keterampilan mitra yang dibuktikan dengan meningkatnya diversifikasi produk, terciptanya kemasan baru yang aman untuk memperkuat branding produk, terciptanya visual produk yang menarik sebagai bahan untuk promosi yang bisa dilihat dari perbandingan kondisi sebelum dan sesudah program pengabdian, selain itu juga bisa dilihat dari peningkatan jumlah omzet dari sebelum dan sesudah program pengabdian.

Downloads

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Hidayati, U., Putra, H. R. F., Dewi, I. S., Cahyani, D. D., & Buchori, M. P. (2025). RE-BRANDING DAN RE-POSITIONING IKM ANEKA SAMBAL YKS BERBASIS DIGITALISASI PENTA HELIX UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS USAHA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 582–596. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8293