RE-BRANDING DAN RE-POSITIONING IKM ANEKA SAMBAL YKS BERBASIS DIGITALISASI PENTA HELIX UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS USAHA
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8293Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha dari IKM Aneka Sambal “YKS” dengan melakukan pendampingan proses re-branding dan re-positioning dengan menggunakan konsep digitalisasi penta helix. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini mengadopsi dari pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD). Pendekatan ini sesuai dengan tujuan program pengabdian yang mengintegrasikan pihak terkait dalam konsep Penta Helix (Akademisi, Pelaku Bisnis, Masyarakat, Pemerintah dan Media) untuk meningkatkan kapasitas usaha. Hasil pengabdian menunjukkan pendampingan proses re-branding dan re-positioning dengan menggunakan digitalisasi model penta helix terbukti bisa meningkatkan kapasaitas usaha dari IKM Aneka Sambal “YKS”. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya keterampilan mitra yang dibuktikan dengan meningkatnya diversifikasi produk, terciptanya kemasan baru yang aman untuk memperkuat branding produk, terciptanya visual produk yang menarik sebagai bahan untuk promosi yang bisa dilihat dari perbandingan kondisi sebelum dan sesudah program pengabdian, selain itu juga bisa dilihat dari peningkatan jumlah omzet dari sebelum dan sesudah program pengabdian.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Umi Hidayati, Hanif Ramadhan Fahmi Putra, Imega Syahlita Dewi, Diah Dwi Cahyani, M. Puji Buchori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.