PELATIHAN LITERASI AKSARA JAWA DENGAN METODE MONTESSORI UNTUK SISWA SD KANISIUS SOROWAJAN

Authors

  • Gregorius Ari Nugrahanta Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Eko Hari Parmadi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Fransisca Tjandrasih Adji Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  • Hilary Relita Vertikasari Sekarningrum Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8352

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari temuan yang menunjukkan rendahnya tingkat literasi aksara Jawa di kalangan siswa kelas IV SD Kanisius Sorowajan. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan literasi aksara Jawa siswa dengan menggunakan pendekatan Montessori. Literasi aksara Jawa mencakup kemampuan dalam membaca, menulis, memahami huruf dalam sistem penulisan aksara Jawa, pengetahuan tentang makna simbol yang terkandung dalam aksara tersebut, dan cara penulisan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dalam pelaksanaannya, digunakan metode experiential learning yang melibatkan partisipasi aktif dari guru dan siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor literasi aksara Jawa siswa untuk aspek ketepatan penggunaan aksara, kerapian tulisan, dan kelengkapan aksara. Selain itu, penerapan pelatihan dengan metode Montessori memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan literasi aksara Jawa siswa dengan kategori efek yang besar dan efektivitas metode Montessori dinyatakan dalam kategori sedang.

Downloads

Author Biographies

Gregorius Ari Nugrahanta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sanata Dharma

Eko Hari Parmadi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Informatika, Sains dan teknologi, Universitas Sanata Dharma

Fransisca Tjandrasih Adji, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma

Hilary Relita Vertikasari Sekarningrum, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sanata Dharma

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Nugrahanta, G. A., Parmadi, E. H., Adji, F. T., & Sekarningrum, H. R. V. (2025). PELATIHAN LITERASI AKSARA JAWA DENGAN METODE MONTESSORI UNTUK SISWA SD KANISIUS SOROWAJAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 460–475. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8352