SOSIALISASI PEMBUKAAN REKENING DIGITAL BANK CIMB NIAGA SEBAGAI INOVASI PERBANKAN TERDEPAN DI ERA DIGITAL
Abstract
Era digital mendorong inovasi perbankan yang mempermudah akses finansial masyarakat. Pembukaan rekening digital melalui aplikasi menjadi langkah strategis Bank CIMB Niaga dalam meningkatkan inklusi keuangan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penerimaan, dan partisipasi masyarakat terhadap layanan perbankan digital, khususnya dalam hal pembukaan rekening secara digital. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan langsung yang dirancang untuk meningkatkan literasi digital keuangan peserta. Berdasarkan hasil kuesioner dari 31 peserta, mayoritas berhasil membuka rekening dan memahami manfaat serta aspek keamanannya. Sebanyak 35,5% peserta merasa sangat yakin, 51,6% yakin, dan 12,9% cukup yakin dalam menggunakan layanan digital CIMB Niaga. Faktor keberhasilan kegiatan ini meliputi penyampaian materi yang jelas, teknologi aplikasi yang aman, dan tingginya antusiasme peserta. Kegiatan ini berhasil meningkatkan literasi digital dan membentuk persepsi positif terhadap layanan digital banking, sekaligus mendorong perubahan perilaku masyarakat menuju penggunaan layanan keuangan yang lebih efisien dan aman.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vinka Savita Sari, Ira Wikartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.