PENDAMPINGAN KEGIATAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS GAYA BELAJAR MELALUI KEMITRAAN SWASTA BAGI ANAK PANTI ASUHAN

Authors

  • Chandra Fauzi Universitas Tanjungpura
  • Ayu Aprilia Pangestu Putri Universitas Mulawarman
  • Tyas Aryani Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Aziz Maulana Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Vindri Hardiyanti Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Urai Salam Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8621

Abstract

Rendahnya kepercayaan diri dan partisipasi menggunakan bahasa Inggris oleh anak-anak panti disebabkan kurangnya motivasi, minimnya sumber belajar dan rendahnya eksposur bahasa Inggris. Mengatasi hal tersebut, dirancanglah kegiatan belajar bahasa Inggris berdasarkan hasil investigasi gaya belajar. Pendampingan kegiatan belajar bahasa Inggris berbasis gaya belajar di Panti Asuhan Tunas Melati Muhammadiyah bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan partisipasi anak-anak panti menggunakan bahasa Inggris secara aktif. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga sesi, tediri dari motivational storytelling, pembuatan kartu ucapan, dan permainan bahasa Inggris oleh mahasiswa PPG Prajabatan berkolaborasi dengan Excellence English Studio. Kemudian, pada bulan Ramadan, diadakan penggalangan dana, donasi dan buka puasa bersama guna mempererat hubungan dengan panti asuhan. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan peningkatan partisipasi dan kepercayaan diri anak-anak panti dalam mengunakan bahasa Inggris. Temuan ini membuktikan bahwa kegiatan belajar bahasa Inggris berbasis gaya belajar lewat kemitraan swasta dapat meningkatkan partisipasi, kepercayaan diri anak-anak panti dalam menggunakan bahasa Inggris secara aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Chandra Fauzi, Universitas Tanjungpura

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Tanjungpura

Urai Salam, Universitas Tanjungpura

Wakil Dekan I Bidang Akademik, FKIP, Universitas Tanjungpura

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Fauzi, C., Putri, A. A. P., Aryani, T., Maulana, A., Hardiyanti, V., & Salam, U. (2025). PENDAMPINGAN KEGIATAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS GAYA BELAJAR MELALUI KEMITRAAN SWASTA BAGI ANAK PANTI ASUHAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 344–360. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8621