PENGUATAN DAYA SAING DALAM ASPEK LEGALITAS DAN DESAIN PRODUK PADA UMKM DESA DONOMULYO

Authors

  • Alief Rizaldi Universitas Tidar
  • Noni Elfiana Universitas Tidar
  • Firda Arriva Alyssa Ghufron Universitas Tidar
  • Lullaeyni Universitas Tidar
  • Dimas Adjie Prasetya Universitas Tidar
  • Umi Rachmawati Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8717

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha di Desa Donomulyo melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan UMKM. Metode pengabdian yang dilakukan meliputi tahapan persiapan, screening, implementasi, evaluasi, dan laporan kegiatan. Sebanyak 16 peserta UMKM mengikuti kegiatan pelatihan yang membahas mengenai tiga komponen usaha berupa aspek legalitas, metode pemasaran digital dan desain kemasan produk. Tujuan kegiatan berupa pemberian bantuan pelatihan bagi para pelaku UMKM agar mendapatkan wawasan yang lebih baik mengenai komponen aspek legalitas, metode pemasaran digital dan desain kemasan produk. Melalui hasil pengisian kuesioner pada akhir acara yang didasarkan dari tiga aspek evaluasi penilaian dengan total nilai sebesar 86,08%. Sehingga dengan hasil perolehan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan telah tercapai.

Downloads

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Rizaldi, A., Elfiana, N., Arriva Alyssa Ghufron, F., Lullaeyni, Adjie Prasetya, D., & Rachmawati, U. (2025). PENGUATAN DAYA SAING DALAM ASPEK LEGALITAS DAN DESAIN PRODUK PADA UMKM DESA DONOMULYO. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 266–278. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8717