MEMBANGUN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN DIGITAL MENGGUNAKAN PLATFORM GAMIFIKASI MENGGUNAKAN WORLDWALL DAN KAHOOT

Authors

  • Syarifah Putri Agustini Alkadri Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Muhammad Dwi Ramadhianto Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8823

Abstract

Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak menghadapi tantangan berupa minimnya pemanfaatan teknologi, materi yang monoton, dan rendahnya partisipasi siswa. Solusi yang ditawarkan adalah penggunaan game edukasi berbasis platform gamifikasi seperti kahoot dan wordwall yang bertujuan meningkatkan kreativitas dan keterampilan digital guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan adalah community development melalui lima tahap: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi, serta persiapan luaran. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 75% dan menghasilkan media pembelajaran sebagai luaran. Penggunaan game edukasi terbukti efektif dalam menciptakan ekosistem belajar yang kreatif dan menyenangkan.

Downloads

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Alkadri, S. P. A., & Muhammad Dwi Ramadhianto. (2025). MEMBANGUN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN DIGITAL MENGGUNAKAN PLATFORM GAMIFIKASI MENGGUNAKAN WORLDWALL DAN KAHOOT. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 387–400. https://doi.org/10.31571/gervasi.v9i1.8823