PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR RENANG GAYA KUPU-KUPU BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MAHASISWA

Authors

  • Nadia Universitas Negeri Jakarta
  • Oman Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Sukur Universitas Negeri Jakarta
  • Saharuddin Ita Universitas Cenderawasih
  • Ipa Sari Kardi Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.7554

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model belajar renang gaya kupu-kupu dan mengetahui efektifitasnya dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa. Penelitian ini berupaya mengembangkan model pembelajaran teknik dasar renang gaya kupu-kupu berbasis mobile learninguntuk mahasiswa olahraga lengkap dengan spesifikasinya. Penelitian dan pengembangan dalam pembelajaran ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan model yaitu: 1) Penelitian pendahuluan; 2) Perencanaan pengembangan Model; 3) Validasi ahli, evaluasi, dan revisi model; 4) Uji coba tahap I (kelompok kecil); 5) Revisi Produk utama; 6) Uji coba tahap II (uji coba kelompok besar); 7) Revisi Produk II; 8) Uji Efektivitas; 9) Final revisi produk akhir; 10) Diseminasi dan Implementasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 mahasiswa (uji coba skala kecil sebanyak 18 mahasiswa dan uji coba skala besar 60 mahasiswa). Teknik analisis data menggunakan uji efektivitas dengan rancangan penelitian berbentuk pre test-post test control group design. Sampel terbagi menjadi dua yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Trethment dilakukan selama 16 kali pertemuan dengan frekuensi 1 kali/minggu, termasuk saat pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan hasil N-Gain Score kelompok kontrol memiliki rata-rata 0,12 dengan persentase 12,40% yang berarti bahwa penerapan metode pembelajaran renang gaya kupu-kupu pada kelompok kontrol tidak efektif. Hasil N-Gain Score kelompok eksperimen memiliki rata-rata 0,48 dengan persentase 47,86% berarti penerapan metode pembelajaran renang gaya kupu-kupu pada kelompok eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan renang gaya kupu-kupu pada mahasiswa. Kesimpulannya terdapat perbedaan antara hasil tes teknik dasar renang gaya kupu-kupu pada mahasiswa olahraga setelah diterapkan model pembelajaran teknik dasar renang gaya kupu-kupu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Ramadhani, N. S. T., Subandi, O. U., Sukur, A., Ita, S., & Kardi, I. S. (2024). PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR RENANG GAYA KUPU-KUPU BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 13(2), 189–203. https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.7554