PENGUKURAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP DI KABUPATEN KAPUAS HULU
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.7876Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa SMP Negeri 3 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu belum memiliki data hasil pengukuran kebugaran jasmani siswanya. Mengingat pengukuran kebugaran jasmani menggunakan TKPN untuk wilayah Kalimantan Barat masih jarang dilakukan, maka peneliti akan melakukan penelitian tentang: Pengukuran Kebugaran Jasmani Siswa SMP Kabupaten Kapuas Hulu Dengan Menggunakan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa putra kelas VII dan kelas VIII yang terdaftar diSMP Negeri 3 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Kebugaran Pelajar Nasional yang terdiri dari 5 butir tes yaitu Tes Indeks Masa Tubuh (IMT), Tes V Sit And Reach, Tes Sit Up 60 Detik, Tes Squad Thrust 30 Detik, dan Tes Pacer. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa putra kelas VIII di SMP Negeri 3 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu dengan kategori baik sekali ada 1 orang (3,33%), kategori Baik ada 9 orang (30%), kategori Sedang ada 13 orang (43,33%), kategori Kurang ada 4 orang (13,34%), dan kategori Kurang Sekali ada 3 orang (10%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani pada siswa putra kelas VIII di SMP Negeri Negeri 3 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu adalah kategori Sedang yaitu 43,33% dari total seluruh 30 siswa sebagai sampel penelitian.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Stephani Yane, Awang Roni Effendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.