PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI IMPLEMENTASI E-BOOK SEPAK TAKRAW BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL

Authors

  • Silvi Aryanti Universitas Sriwijaya
  • Soleh Solahuddin Universitas Sriwijaya
  • Fitri Agung Nanda Universitas Sriwijaya
  • Samsul Azhar Universitas Sriwijaya
  • Frayesi Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Dwi Ryan Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v14i1.7976

Keywords:

hasil belajar, e-book flip pdf professional, sepak takraw, PBL models

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan e-book sepak takraw berbasis Flip PDF Profesional pada mahasiswa semester ganjil 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian menggunakan mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas Sriwijaya semester III A kelas Indralaya berjumlah 33 orang. Hasil penelitian ini diperoleh adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa pada ranah kognitif saat pra-test sebesar 40% tidak tuntas secara klasikal dan setelah diberikan tindakan pada siklus I memperoleh 90,9% tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah E-Book Flip PDF Professional dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Author Biographies

Soleh Solahuddin, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fitri Agung Nanda, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Samsul Azhar, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Frayesi, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Muhammad Dwi Ryan, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Aqib, Z. dan A. A. (2019). PTK, PTS & PTBK Teori dan Aplikasi. CV Andi Offset.

Arikunto, Suhardjono, dan S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Aryanti, S., Hartati, & Syafaruddin. (2020). Learning of badminton model through animation video on physical education students. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 47–50. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080708

Aryanti, S., Victorian, A., & Bayu, W. (2021). Learning of Sepak Sila Technique Based Video For Sepak Takraw Course. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305202

Bernhardin, D., & Rahmani, A. R. (2020). Pembelajaran On-Line : Pengunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Digital terhadap Penguasaan Gerak Dasar Lay Up. Jpoe, 2(2), 260–266. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.119

Dewi, N. C., Putra, A. C., Nohan, A., WIjaya, A., & Supriyono, A. (2024). Pengembangan Metode Pembelajaran Sepak Takraw Menggunakan Metode Project Based Learning (Pbl) Pada Peserta Didik Sman 1 Gondang Tulungagung. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 6193–6197.

Dian Kusuma Dewi, Lucia Tri Pangesthi, Niken Purwidiani, & Andika Kuncoro Widagdo. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Pada KD Menganalisis Sweet Bread Di SMKN 1 Lamongan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 162–179. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.507

Hardiansyah, D., & Sumbawati, M. S. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal IT-Edu, 1(2), 5–11.

Hasmyati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Materi Bola Basket Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar. Proceeding of National Seminar Research and Community Service Institute Universitas Negeri Makassar, 428–432.

Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Profesional untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/pnd.v1i1.552

Kurniawan, W. P. (2023). SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital ICT Oleh Mahasiswa Penjas UNP Kediri Angkatan 2023. 4(3), 2021–2024. https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/425/435

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.

Munfarida, A., & Fitri, A. Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Menggunakan Flip Pdf Professional pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 364–379. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5194

Nana Sudjana. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya.

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 178–195. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262

Rino, R., Reni Astuti, & Muchtadi, M. (2022). Pengembangan E-Book Berjenis E-Flip PDF Dengan Belajar Mandiri Terbimbing Berbasis Problem Posing Menggunakan Ide Kreatif Scamper. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 119–132. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.538

Safitri, R., Alnedral, A., Gusril, G., Wahyuri, A. S., & Ockta, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 20–29. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.7292

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Aryanti, S., Solahuddin, S., Agung Nanda, F., Azhar, S., Frayesi, & Dwi Ryan, M. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI IMPLEMENTASI E-BOOK SEPAK TAKRAW BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 14(1), 81–90. https://doi.org/10.31571/jpo.v14i1.7976

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.