PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI IMPLEMENTASI E-BOOK SEPAK TAKRAW BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v14i1.7976Keywords:
hasil belajar, e-book flip pdf professional, sepak takraw, PBL modelsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan e-book sepak takraw berbasis Flip PDF Profesional pada mahasiswa semester ganjil 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian menggunakan mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas Sriwijaya semester III A kelas Indralaya berjumlah 33 orang. Hasil penelitian ini diperoleh adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa pada ranah kognitif saat pra-test sebesar 40% tidak tuntas secara klasikal dan setelah diberikan tindakan pada siklus I memperoleh 90,9% tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah E-Book Flip PDF Professional dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Downloads
References
Aqib, Z. dan A. A. (2019). PTK, PTS & PTBK Teori dan Aplikasi. CV Andi Offset.
Arikunto, Suhardjono, dan S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Aryanti, S., Hartati, & Syafaruddin. (2020). Learning of badminton model through animation video on physical education students. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 47–50. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080708
Aryanti, S., Victorian, A., & Bayu, W. (2021). Learning of Sepak Sila Technique Based Video For Sepak Takraw Course. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305202
Bernhardin, D., & Rahmani, A. R. (2020). Pembelajaran On-Line : Pengunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Digital terhadap Penguasaan Gerak Dasar Lay Up. Jpoe, 2(2), 260–266. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.119
Dewi, N. C., Putra, A. C., Nohan, A., WIjaya, A., & Supriyono, A. (2024). Pengembangan Metode Pembelajaran Sepak Takraw Menggunakan Metode Project Based Learning (Pbl) Pada Peserta Didik Sman 1 Gondang Tulungagung. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 6193–6197.
Dian Kusuma Dewi, Lucia Tri Pangesthi, Niken Purwidiani, & Andika Kuncoro Widagdo. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Pada KD Menganalisis Sweet Bread Di SMKN 1 Lamongan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 162–179. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i2.507
Hardiansyah, D., & Sumbawati, M. S. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal IT-Edu, 1(2), 5–11.
Hasmyati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Materi Bola Basket Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar. Proceeding of National Seminar Research and Community Service Institute Universitas Negeri Makassar, 428–432.
Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Profesional untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/pnd.v1i1.552
Kurniawan, W. P. (2023). SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital ICT Oleh Mahasiswa Penjas UNP Kediri Angkatan 2023. 4(3), 2021–2024. https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/425/435
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Munfarida, A., & Fitri, A. Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Menggunakan Flip Pdf Professional pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 364–379. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5194
Nana Sudjana. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya.
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835
Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 178–195. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262
Rino, R., Reni Astuti, & Muchtadi, M. (2022). Pengembangan E-Book Berjenis E-Flip PDF Dengan Belajar Mandiri Terbimbing Berbasis Problem Posing Menggunakan Ide Kreatif Scamper. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 119–132. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.538
Safitri, R., Alnedral, A., Gusril, G., Wahyuri, A. S., & Ockta, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 20–29. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.7292
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvi Aryanti, Soleh Solahuddin, Fitri Agung Nanda, Samsul Azhar, Frayesi, Muhammad Dwi Ryan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.