PERBANDINGAN PROGRAM SPARK DAN ICPL UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK PADA PESERTA DIDIK PENYANDANG AUTISME

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8245

Abstract

Penelitian ini untuk membandingkan program SPARK dan ICPL untuk meningkatkan motorik pada peserta didik penyandang autisme. Self-Assessment Ethical Clearance telah disetujui oleh LPPM Universitas Negeri Jakarta, Sekolah Kebutuhan khusus membantu peneliti untuk menghubungi orang tua peserta didik penyandang autisme melalui telepon. Peserta dalam penelitian ini berjumlah 27 orang (17 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan). Kelompok dibagi menjadi dua, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, kelompok eksperimen diberikan perlakuan dan kelompok kontrol tidak dapat perlakuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah BOT—analisis statistik menggunakan ANCOVA dan uji post-hoc LSD. Hasil penelitian kelompok eksperimen SPARK dan ICPL adanya peningkatan motorik peserta didik penyandang disabilitas autisme. Keterampilan motorik kasar antar kelompok terdapat perbedaan. Kelompok kontrol dan kelompok ICPL eksperimen terdapat perbedaan pada peserta penyandang disabilitas, dan juga kelompok SPARK eksperimen  dan kelompok ICPL eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dena Widyawan, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi

Mira Fuzita, Universitas PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Jasmani, FPOK

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Widyawan, D., & Fuzita, M. (2024). PERBANDINGAN PROGRAM SPARK DAN ICPL UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK PADA PESERTA DIDIK PENYANDANG AUTISME. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 13(2), 173–188. https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8245