EFEKTIVITAS PENERAPAN PERMAINAN PAPAN TITIAN UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTORIK ANAK DI SD CITRA BAKTI

Authors

  • Bernabas Wani Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Nikodemus Bate Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Anselmus Aka Mari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8253

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengruh penggunan papan titian sebagai kegiatan inti untuk meningkatkan aspek psikomotorik siswa pada siswa kelas I dan II SD CitraBakti. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pra- eksperimen time series dengan desain one group pretest-posttes. Sampel dalam penelitin ini adalah siswa/i kelas siswa kelas I dan II SD CitraBakti yng berjumlah 30 orang dengan kriteria putri 26 dan putra 4. Data dari penelitian diambil dan tes dan pengukuran unutk aspek psikomotorik menggunakan lembar observasi yang dinilai oleh dua orang penilai. Hasil penelitian ini adalah: (a) uji rata-rata, rata-rata pengukuran nilai aspek psikomotorik pada seri pertama minggu pertama antara pre-tes O1 dan posttest dalam minggu pertama (O2) rata-rata nilai aspek psikomotorik adalah (60,0) meningkat menjadi (64,0) dengan selisih peningkatan sebesar (4), pada seri kedua minggu kedua  dan posstest dalam minggu kedua (O3), rata-rata nilai  aspek psikomotorik adalah (64,00) meningkat menjadi (77,0) dengan selisih peningkatan sebesar (13), pada seri ketiga minggu ketiga dan posstest dalam minggu ketiga (O4), rata-rata nilai aspek psikomotorik adalah (77,0) meningkat menjadi (88,0) dengan selisih peningkatan sebesar (11). (b) Uji statistik, uji hipotesis menggunakan teknik analisis uji beda statistik non parametrik dengan uji wilcoxon signed ranks test karena terdapat data penelitian yang tidak berdistribusi normal, dengan hasil uji antara nilai pretest (O1) dan seri ke tiga minggu ke tiga (O4) adalah: 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukan perubahan rata-rata nilai aspek psikomotorik siswa selalu cendrung meningkat kearah yang lebih baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan papan titian  efektiv terhadap aspek psikomotorik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bernabas Wani, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Nikodemus Bate, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Anselmus Aka Mari, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Wani, B., Bate, N., & Mari, A. A. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN PERMAINAN PAPAN TITIAN UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PSIKOMOTORIK ANAK DI SD CITRA BAKTI. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 13(2), 240–256. https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8253