MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PJOK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8290Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis dengan metode guide discovery learning mata pelajaran penjasorkes siswa siswa dalam mata pelajaran Penjasorkes SMP di Kota Pontianak. Model penelitian dan pengembangan produk yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah model desain instruksional Dick & Carey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dalam mata pelajaran Penjasorkes SMP di Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel peneliti yang akan digunakan yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalan teknik observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil rekapitulasi data uji coba pertama,skor kunci pada pedoman tes Game Performance Assesment Instrument (GPAI)/ Unjuk Kerja Permainan Bolabasaket yang diperoleh pada tahap awal ini diperoleh rata-rata tindakan 86 dari masing-masing indikator, yang berarti penampilan efektif Sering muncul. Kategori tersebut diartikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa cukup baik dilihat dari keputusan siswa dalam materi bermain basket.Agar dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa maka diperlukaninteraksi antara pendidik dan peserta didik mencerminkan prilaku (efek) mengajar dan belajar pada kondisi tertentu. pada tahap uji coba 2 ini diperoleh rata-rata tindakan dari masing-masing indikator mengalami perubahan, berdasarkan tabel skore kunci yang berarti penampilan efektif Selalu muncul. Kategori tersebut diartikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa optimal dilihat dari dukungan (support) siswa dalam materi bermain basket. Hasil yang diperoleh skor 26/30 X 100%= 87 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa panduan berpikir kritis oleh dosen penjas termasuk kualifikasi baik dengan keterangan tidak perlu direvisi. Berdasarkan produk yang dikembangkan melalui uji ahli dan uji lapangan, maka “Panduan Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dengan metode guide discovery learning Mata Pelajaran PJOK” pada siswa SMP di Kota Pontianak layak digunakan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iskandar Iskandar, Heri Rustanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.