MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PJOK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA PONTIANAK

Authors

  • Iskandar Iskandar IKIP PGRI PONTIANAK
  • Heri Rustanto IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8290

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis dengan metode guide discovery learning mata pelajaran penjasorkes siswa siswa dalam mata pelajaran Penjasorkes SMP di Kota Pontianak. Model penelitian dan pengembangan produk yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah model desain instruksional Dick & Carey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dalam mata pelajaran Penjasorkes SMP di Kota Pontianak.  Teknik pengambilan sampel peneliti yang akan digunakan yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalan teknik observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil rekapitulasi data uji coba pertama,skor kunci pada pedoman tes Game Performance Assesment Instrument (GPAI)/ Unjuk Kerja Permainan Bolabasaket yang diperoleh pada tahap awal ini diperoleh rata-rata tindakan 86 dari masing-masing indikator, yang berarti penampilan efektif Sering muncul. Kategori tersebut diartikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa cukup baik dilihat dari keputusan siswa dalam materi bermain basket.Agar dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa maka diperlukaninteraksi antara pendidik dan peserta didik mencerminkan prilaku (efek) mengajar dan belajar pada kondisi tertentu. pada tahap uji coba 2 ini diperoleh rata-rata tindakan dari masing-masing indikator mengalami perubahan, berdasarkan tabel skore kunci yang berarti penampilan efektif Selalu muncul. Kategori tersebut diartikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa optimal dilihat dari dukungan (support) siswa dalam materi bermain basket. Hasil yang  diperoleh skor 26/30 X 100%= 87 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa panduan berpikir kritis oleh dosen penjas termasuk kualifikasi baik dengan keterangan tidak perlu direvisi. Berdasarkan produk yang dikembangkan melalui uji ahli dan uji lapangan, maka “Panduan Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dengan metode guide discovery learning Mata Pelajaran PJOK” pada siswa SMP di Kota Pontianak layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Heri Rustanto, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Jasmani

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Iskandar, I., & Rustanto, H. (2024). MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PJOK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA PONTIANAK . Jurnal Pendidikan Olah Raga, 13(2), 276–293. https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8290