PROFIL TINGKAT KEMAHIRAN KESEIMBANGAN ANAK TUNA GRAHITA MENGGUNAKAN METODE TES STORK BALANCE STAND

Authors

  • Riyan Ananda Nurfadilah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8463

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui profil tingkat kemahiran keseimbangan anak tuna grahita pada siswa/siswi Sekolah Luar Biasa Purnama Asih . metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/sisiwi  Sekolah Luar Biasa Purnama Asih tuna grahita ringan. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 10 siswa/siswi tuna grahita ringan dengan usia 10 – 12 tahun di Sekolah Luar Biasa Purnama Asih. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan test stork balance stand Berdasarkan hasil analisis, presentase test stork balance stand memperoleh hasil berupa Sangat Baik (20%) lalu Sedang (50%), dan sisanya termasuk kedalam kategori Kurang (30%). Dengan merujuk pada penemuan penelitian ini, implikasi dari hasil penemuan tersebut adalah perlunya perhatian khusus dari guru Pendidikan jasmani terhadap aspek motorik siswa saat memberikan Pendidikan jasmani di ruang lingkup sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Riyan Ananda Nurfadilah, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Jasmani

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Nurfadilah, R. A. (2024). PROFIL TINGKAT KEMAHIRAN KESEIMBANGAN ANAK TUNA GRAHITA MENGGUNAKAN METODE TES STORK BALANCE STAND. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 13(2), 216–228. https://doi.org/10.31571/jpo.v13i2.8463