PERBANDINGAN FOUR-CONE DRILLS DAN FIVE-CONE DRILLS TERHADAP KELINCAHAN PEMAIN RED PANDA FUTSAL AKADEMI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v14i1.8987

Keywords:

Kelincahan, Four-Cone Drills, Five-Cone Drills, Futsal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas latihan Four-Cone Drills dan Five-Cone Drills terhadap kelincahan pemain di Red Panda Futsal Academy. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dengan desain Pretest-Posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling, dengan melibatkan 40 pemain U-16 Red Panda yang dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 20 pemain. Kelompok pertama menjalani latihan Four-Cone Drills dan kelompok lainnya menggunakan Five-Cone Drills. Instrumen yang digunakan adalah Illinois Agility Test. Analisis data menggunakan Wilcoxxon dan Mann-Whitney U. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.001 (< 0.05), yang menunjukkan adanya peningkatan kelincahan yang signifikan antara hasil Pretest dan Posttest pada kedua kelompok (Four-Cone Drills dan Five-Cone Drills). Sementara itu, Uji Mann-Whitney menghasilkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,171 (> 0,05), yang menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara efek Four-Cone Drills dan Five-Cone Drills dalam meningkatkan kelincahan pemain. Temuan ini mengindikasikan bahwa kedua metode latihan tersebut secara signifikan meningkatkan kelincahan pemain. Namun, kedua metode tersebut menunjukkan tingkat efektivitas yang serupa, dengan kelompok Four-Cone Drills mencapai peningkatan sebesar 5,97%, sedangkan kelompok Five-Cone Drills mencapai peningkatan sebesar 8,19%. Secara keseluruhan, baik Four-Cone Drills maupun Five-Cone Drills memainkan peran penting dalam mengembangkan kelincahan pemain futsal.

Downloads

Author Biographies

Syaiful Akrom Ramadhan, Universitas Negeri Jakarta

Program Studi Kepelatihan Kecabangan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Jakarta

Andri Irawan, Universitas Negeri Jakarta

Sport Coaching Department, Faculty of Sport Science and Health, Universitas Negeri Jakarta

Shela Ginanjar, Universitas Negeri Jakarta

Physical Education, Health and Recreation Department, Faculty of Sport Science and Health, Universitas Negeri Jakarta

References

Cereda, F. (2023). Methods and models in the context of physical activity and physical education: strenght, weakness and gaps. Journal of Physical Education and Sport, 23(5), 1064–1075. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.05133

Creswell, W. J. (2018). Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches (Vol. 4).

Dawes, J. (2019). Developing agility and quickness (J. Dawes, Ed.; 2 ed.). Human Kinetics.

Dawes, J., & Roozen, M. (2012). Developing agility and quickness (J. Dawes & M. Roozen, Ed.; 1 ed., Vol. 1). Human Kinetics. www.HumanKinetics.com

Diputra, R. (2015). Pengaruh latihan three cone drill, four cone drill, dan five cone Drill terhadap kelincahan (agility) dan kecepatan (speed). 27, 46–60.

Ganeswara, R., Resmana, D., & Ginanjar, S. (2025). PERBEDAAN SELF-CONTROL SISWA YANG BERLATIH DI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DAN BOLA VOLI. Jurnal Olahraga Nasional, 2(1), 10-16.

Ghiffari, A. (2017). Uji validitas dan reliabilitas arrowhead agility test pada cabang olahraga sepakbola.

Ginanjar, S., Widyawan, D., & Faruqi, H. (2023). Systematic literature review: sports in early childhood in Indonesia. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 11(5), 1140–1149. https://doi.org/10.13189/saj.2023.110523

Ginanjar, S., & Julianti, E. (2024). Pengaruh pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model TGFU terhadap disiplin diri siswa MTS Al-Musyawarah, Lembang. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 3(2), 93-104.

Ginanjar, S., Samsudin, S., & Rihatno, T. (2025). THE COMPARISON OF SELF-REGULATED STUDENT DURING SPORT EDUCATION MODEL AND CONVENTIONAL IN PHYSICAL FITNESS PROGRAM.

Hardika, H., Soraya, D. U., Iriyanto, T., & Aisyah, E. N. (2023). Student Learning Creativity Based on Social Life. In Proceedings of the Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022) (pp. 934–943). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-35-0_113

Hierro, J. V. L. (2007). UEFA Futsal Coaching Manual. Union des Associations Européennes de Football (UEFA).

Irawan, A., & Fitranto, N. (2020). Profil kondisi fisik tim futsal liga mahasiswa Universitas Negeri Jakarta 2019. Dalam Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education (Vol. 4).

Irawan, A., Fitrianto, N., Prabowo, E., Ferdinand Bawole, E., Hussein, A., Muharina Fajriah, M., Triyoga, M., Triyanto, W., Syaibani, A., Susanto, E., Karmadi, S., Iskandar, D., Hendro Sugeni, Y., Sajaya, E., Tena, I., Lily, M., Nurhadi, A., Handoyo, D., Adi, Y., … Apdalah, A. (2021). Indonesia futsal coaching manual.

Sari, M. M., Hafizah, E., & Rahmalia, A. (2023). Implementation of the Pedagogical Content Knowledge (PCK) Learning Approach in Natural Science Lessons on Student Learning Interests. JURNAL SCIENTIA, 12(2), 1678–1685. http://infor.seaninstitute.org/index.php

Sekulic, D., Foretic, N., Gilic, B., Esco, M. R., Hammami, R., Uljevic, O., Versic, S., & Spasic, M. (2019). Importance of agility performance in professional futsal players; reliability and applicability of newly developed testing protocols. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(18), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph16183246

Šimonek, J., & Horička, P. (2020). Agility in sport. Cambridge Scholars Publishing.

Suliwa, E. B. (2022). Pengaruh latihan five cone drills dan agility drills terhadap kelincahan Anak SSB u-12 di SSB Persiter Kabupaten Kudus.

Supriadi, D., Friskawati, G. F., & Karisman, V. A. (2023). Physical fitness of futsal athletes in competition preparation. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 11(1), 71–76. https://doi.org/10.13189/saj.2023.110109

Syahza, A. (2021). Metodologi penelitian edisi revisi tahun 2021. UR Press.

Tanyeri, L., & Öncen, S. (2020). The effect of agility and speed training of futsal players attending school of physical education and sports on aerobic endurance. Asian Journal of Education and Training, 6(2), 219–225. https://doi.org/10.20448/journal.522.2020.62.219.225

Umar, Alnedral, Masrun, & Mardesia, P. (2023). Effectiveness of the Play Method to Improve Physical Education Learning Outcomes in the New Normal Period. In Proceedings of the Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022) (pp. 1636–1642). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-35-0_194

Widiastuti. (2011). TES DAN PENGUKURAN OLAHRAGA.

Zhannisa, U. H., Herlambang, T., Hadi, H., & Wibisana, Muh. I. N. (2023). Pengaruh latihan four cone drill terhadap agility pemain bulutangkis PB Natura. Jurnal Sport Science, 13, 14–21.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Ramadhan, S. A., Irawan, A., & Ginanjar, S. (2025). PERBANDINGAN FOUR-CONE DRILLS DAN FIVE-CONE DRILLS TERHADAP KELINCAHAN PEMAIN RED PANDA FUTSAL AKADEMI. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 14(1), 107–120. https://doi.org/10.31571/jpo.v14i1.8987

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.