PENGARUH PEMBERIAN DIRECT CORRECTIVE FEEDBACK PADA PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Anita, Handy Darmawan, Elvi Kartika 1,2,3) Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No. 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.482

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diberikan dengan tidak diberikan direct corrective feedback, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa serta seberapa besar efektivitas direct corrective feedback pada pekerjaan rumah terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus kelas X IPA SMA Negeri1 Seluas. Metode penelitian yang  digunakan adalah metode  quasy eksperimen denga rancangan penelitian pretest posttest control group. Teknik  pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Uji hipotesis menggunakan Mann Whitney U-Test. Diperoleh hasil: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan direct corrective feedback sebesar  70,72  dengan kriteria baik; (2) rata-rata  hasil belajar siswa yang tidak  diberikan direct corrective feedback sebesar 53,00 dengan kriteria kurang; (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan dengan yang tidak diberikan direct corrective feedback; dan (4) pemberian direct corrective feedback pada pekerjaan rumah efektif memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,89 dengan kategori tinggi.

Kata Kunci: direct corrective feedback, pekerjaan rumah, hasil belajar.

Downloads

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

Elvi Kartika, A. H. D. (2017). PENGARUH PEMBERIAN DIRECT CORRECTIVE FEEDBACK PADA PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.482