Merancang asesmen fisika menggunakan Evidence-Centered Design (ECD) dan Three-Dimensional Learning Protocol (3D-LAP)

Authors

  • Judyanto Sirait Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.8228

Keywords:

asesmen, gaya, ECD, 3D-LAP

Abstract

Ada tiga komponen utama dalam sistem pendidikan yang saling berkaitan yaitu kurikulum, pengajaran, dan asesmen. Untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa yang berkaitan dengan kompetensi terletak pada bagian asesmen. Untuk itu guru harus memiliki kemampuan yang baik untuk mendesain asesmen yang sesuai dengan capaian dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang asesmen fisika untuk tingkat SMA pada topik gaya berdasarkan kerangka berpikir evidence-centered design (ECD) dan three-dimensional learning assessment protocol (3D-LAP). Langkah-langkah penyusunan asesmen gaya dengan pendekatan ECD yaitu menulis capaian pembelajaran yang berisi kompetensi siswa, menulis daftar pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki siswa untuk mencapai kompetensi, menuliskan bukti yang menunjukkan siswa mencapai kompetensi, dan menuliskan karakteristik pertanyaan yang akan dibuat. Kompetensi yang akan dicapai siswa pada asesmen gaya ini berdasarkan 3D-LAP meliputi menggunakan representasi, memberikan penjelasan dan argumen disertai bukti, dan mengevaluasi informasi. Asesmen gaya yang disusun telah divalidasi oleh ahli untuk memastikan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran. Hasil validasi merekomendasikan asesmen gaya ini dapat digunakan dalam pembelajaran fisika. Asesmen ini diharapkan menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan guru fisika untuk mengukur kompetensi siswa tentang gaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Salmani, F., Johnson, J., & Thacker, B. (2023). Assessing thinking skills in free-response exam problems: Pandemic online and in-person. Physical Review Physics Education Research, 19(1), 10131.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Kemdikbudristek. (2022). Capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka.

Bennett, R. E. (2010). Cognitively Based Assessment of, for, and as Learning (CBAL): A preliminary theory of action for summative and formative assessment. Measurement, 8(2–3), 70–91.

Dodlek, D., Planinsic, G., & Etkina, E. (2024). How to help students learn: An investigation of how in- and pre-service physics teachers respond to students’ explanations. Physical Review Physics Education Research, 20(1), 10120.

Harris, C. J., Krajcik, J. S., Pellegrino, J. W., & DeBarger, A. H. (2019). Designing Knowledge-In-Use Assessments to Promote Deeper Learning. Educational Measurement: Issues and Practice, 38(2), 53–67.

Hung, C. S., & Wu, H. K. (2024). High school science teachers’ assessment literacy for inquiry-based science instruction. International Journal of Science Education, 46(7), 621–642.

Kaldaras, L., Akaeze, H., & Krajcik, J. (2021). A Methodology for Determining and Validating Latent Factor Dimensionality of Complex Multi-Factor Science Constructs Measuring Knowledge-In-Use. Educational Assessment, 26(4), 241–263.

Kaldaras, L., Akaeze, H. O., & Krajcik, J. (2023). Developing and validating an Next Generation Science Standards-aligned construct map for chemical bonding from the energy and force perspective. Journal of Research in Science Teaching, 61(7), 1689-1726.

Laverty, J. T., & Caballero, M. D. (2018). Analysis of the most common concept inventories in physics: What are we assessing? Physical Review Physics Education Research, 14(1), 10123.

Laverty, J. T., Underwood, S. M., Matz, R. L., Posey, L. A., Carmel, J. H., Caballero, M. D., Fata-Hartley, C. L., Ebert-May, D., Jardeleza, S. E., & Cooper, M. M. (2016). Characterizing college science assessments: The three-dimensional learning assessment protocol. PLoS ONE, 11(9), 1–21.

Matejak Cvenic, K., Planinic, M., Susac, A., Ivanjek, L., Jelicic, K., & Hopf, M. (2022). Development and validation of the Conceptual Survey on Wave Optics. Physical Review Physics Education Research, 18(1), 010103.

Osborne, J. F., Henderson, J. B., MacPherson, A., Szu, E., Wild, A., & Yao, S. Y. (2016). The development and validation of a learning progression for argumentation in science. Journal of Research in Science Teaching, 53(6), 821–846.

Pellegrino, J. W. (2014). Assessment as a positive influence on 21st century teaching and learning: A systems approach to progress. Psicologia Educativa, 20(2), 65–77.

Pellegrino, J. W., DiBello, L. V., & Goldman, S. R. (2016). A Framework for Conceptualizing and Evaluating the Validity of Instructionally Relevant Assessments. Educational Psychologist, 51(1), 59–81.

Pellegrino, J. W., & Wilson, M. (2015). Assessment of Complex Cognition: Commentary on the Design and Validation of Assessments. Theory into Practice, 54(3), 263–273.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K, S., & Harjatanaya, T, Y. (2022). Panduan pengembangan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Scheid, J., Müller, A., Hettmannsperger, R., & Schnotz, W. (2019). Improving learners’ representational coherence ability with experiment-related representational activity tasks. Physical Review Physics Education Research, 15(1), 010142

Sirait, J., Ainley, J., & Barstow, M. (2023). The pattern of physics education students’ diagrams and answers in solving force problems. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2), 178–186.

Sirait, Judyanto. (2021). Multirepresentasi Dalam Penyelesaian Soal Fisika. Fahruna Bahagia.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education University of Minnesota.

Wagner, S., & Priemer, B. (2023). Assessing the quality of scientific explanations with networks. International Journal of Science Education, 45(8), 636–660.

Xu, Y., & Brown, G. T. L. (2016). Teacher assessment literacy in practice: A reconceptualization. Teaching and Teacher Education, 58, 149–162.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Sirait, J. (2024). Merancang asesmen fisika menggunakan Evidence-Centered Design (ECD) dan Three-Dimensional Learning Protocol (3D-LAP). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 13(2), 165–175. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.8228