Penerapan model ECIRR untuk mereduksi jumlah mahasiswa yang miskonsepsi tentang usaha dan energi

Authors

  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8244

Keywords:

Model ECIRR, miskonsepsi, usaha dan energi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mereduksi jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi tentang usaha dan energi. Ada 31 mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini. Sebanyak 15 soal pilihan ganda dengan alasan terbuka digunakan pada saat pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase jumlah mahasiswa yang miskonsepsi turun sebesar 22,53%. Berdasarkan hasil uji McNemar terjadi penurunan miskonsepsi pada tujuh indicator dari sebelas indikator.

Downloads

Author Biography

Hamdani Hamdani, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Fisika

References

Admoko, S., Yantidewi, M., & Oktafia, R. (2019, December). The implementation of guided discovery learning using virtual lab simulation to reduce students’ misconception on mechanical wave. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1), 012089. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012089

Aldila, W. Y., Setyarsih, W., & Kholiq, A. (2016). Penggunaan PhET simulation dalam ECIRR untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi fluida dinamis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 5(3), 161-164.

Azizah, N., Samsudin, A., & Sasmita, D. (2019, November). Development of computer simulation-assisted conceptual change aldilamodel (CS-CCM) to change students’ conception on gas kinetic theory. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 052036. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052036

Diani, R., Yuberti, Y., Anggereni, S., Utami, G. N., Iqbal, A., & Kurniawati, I. (2020, June). ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) learning model with the pictorial riddle method: Is it effective in reducing physics misconceptions? Journal of Physics: Conference Series, 1572(1), 012020. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012020

Erdoğan, Ş., & Bozkurt, E. (2022). The effect of a virtual laboratory application on students’ conceptual understanding of “geometric optics”. Journal of Innovative Education Studies (JIES), 4(1), 22-36.

Haliza, S. N., Suparman, S., & Nuryadin, S. (2022). Model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 36-48.

Hamdani. (2014). Penerapan model ECIRR menggunakan kombinasi real laboratory dan virtual laboratory untuk mereduksi miskonsepsi mahasiswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(3), 1-10.

Hamdani, H. (2022). Penerapan virtual laboratory untuk mereduksi jumlah mahasiswa calon guru fisika yang mengalami miskonsepsi tentang efek foto listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 275-282.

Hidayatullah, Z., Jumadi, J., Nadhiroh, N., Kartika, E., Nuha, A. A., & Erlangga, S. Y. (2020). Identifikasi miskonsepsi dan konflik kognitif fisika: Kasus terkait perubahan konseptual. Edusains, 12(1), 64-71.

Kuncoro, K. S., & Setyarsih, W. (2016). Reduksi miskonsepsi siswa SMAN 1 Taman pada materi dinamika partikel menggunakan model ECIRR berbantuan laboratorium virtual. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 5(3), 165-169.

Kurniawan, W., Al Amin, M., Sandra, R. O., & Iqbal, M. (2023). The development of web diagnostic test as a misconception tool in work and energy. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 9(1), 103-118.

Lestari, P., & Hayat, M. S. (2021). Analisis miskonsepsi siswa SMA pada materi usaha dan energi di Kabupaten Kendal. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(3), 233-240.

Lestari, P. D., & Mansyur, J. (2021, November). The influence of the online PhET simulation-assisted using direct instruction on student’s conceptual understanding of parabolic motion. Journal of Physics: Conference Series, 2126(1), 012013. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2126/1/012013

Liu, G., & Fang, N. (2017). Student misconceptions of work and energy in engineering dynamics. In Proceedings of the 2017 ASEE Gulf-Southwest Section Annual Conference.

Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32-39.

Makhrus, M., & Busyairi, A. (2022). Reducing misconception of force concepts through learning conceptual change model with cognitive conflict approach. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 8(2), 184-192.

Maulana, P. (2010). Usaha mengurangi terjadinya miskonsepsi fisika melalui pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 1-9.

Mufida, S. N. (2022). Model ECIRR berbantuan interactive refutation-texts (I-Ret) untuk mengubah konsepsi dan mereduksi miskonsepsi pada gelombang transversal [Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia].

Mustari, M., Anggereni, S., & Yusandika, A. D. (2020, June). Identification of students’ misconceptions using the certainty of response index (CRI) from work and energy material. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1), 012038. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012038

Palisoa, N. (2020). Strategi konflik kognitif dapat mereduksi beban miskonsepsi mahasiswa calon guru kimia pada konsep ikatan kimia. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 10(2), 109-114.

Prastiwi, A. C., Kholiq, A., & Setyarsih, W. (2018, March). Implementation of ECIRR model based on virtual simulation media to reduce students’ misconception on kinetic theory of gases. Journal of Physics: Conference Series, 997(1), 012034. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012034

Pulu, S. R., & Widia, W. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika strategi konflik kognitif berbasis eksperimen untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik SMA konsep fluida statis. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 20-28.

Putri, K. L., Suhandi, A., Samsudin, A., & Surtiana, Y. (2021, March). The development of virtual conceptual change laboratory (VCCLab) for conception reconstruction through lab virtual activity. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012015. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012015

Saputra, O. (2022). Development of virtual simulation to reduce the number of high school students' misconceptions about fluid topics. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 12(1), 100-107.

Sabo, H. C., Goodhew, L. M., & Robertson, A. D. (2016). University student conceptual resources for understanding energy. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 010126. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.12.010126

Samsudin, A., Afif, N. F., Nugraha, M. G., Suhandi, A., Fratiwi, N. J., Aminudin, A. H., & Costu, B. (2021). Reconstructing students’ misconceptions on work and energy through the PDEODE* E tasks with think-pair-share. Journal of Turkish Science Education, 18(1), 118-144. https://doi.org/10.36681/tused.2021.53

Takaoglu, Z. B. (2018). Energy concept understanding of high school students: A cross-grade study. Universal Journal of Educational Research, 6(4), 653-660. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060409

Wahyuni, S., & Saputra, T. P. (2023, June). Identification and remediation of misconceptions using three-tier diagnostic test based on CRI and literacy worksheet. AIP Conference Proceedings, 2614(1), 012345. AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0105112

Wenning, C. J. (2008). Dealing more effectively with alternative conceptions in science. Journal of Physics Teacher Education Online, 5(1), 11-19.

Widyawati, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2019). Learning development of cooperative model based PhET media to reduce potential misconceptions in dynamic electric matter for tenth grade in state senior high school. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(9), 546-557.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Hamdani, H. (2025). Penerapan model ECIRR untuk mereduksi jumlah mahasiswa yang miskonsepsi tentang usaha dan energi. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 14(1), 130–138. https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8244