Penerapan model PjBL melalui pembuatan produk fermentasi terhadap hasil belajar bioteknologi dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa

Authors

  • Herditiya Herditiya Universitas PGRI Pontianak
  • Eka Trisianawati Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8468

Keywords:

Fermentasi, Hasil Belajar, Keterampilan Kerja Ilmiah, PjBL

Abstract

Bioteknologi mampu menjawab berbagai kebutuhan pangan melalui olahan makanan fermentasi. Pada perkuliahan bioteknologi telah dibahas mengenai teknink dan olahan ferementasi, namun pada saat evaluasi di dalam kelas, mahasiswa belum mampu menyebutkan secara benar apa saja variasi makanan dan minuman yang termaksud olahan fermentasi maka dari itu perlu adanya pendalaman materi berkaitan dengan bioteknologi, tidak hanya teori saja tapi melalui projek pembuatan makanan ferementasi sehingga mahasiswa memahami bagaiamana pembuatan produk fermentasi dengan benar. Model pembelajaran yang tepat untuk mendukung kegiatan belajar dan mengukur keterampilan kerja ilmiah salah satunya model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengukur perbedaan hasil belajar dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa melalui pembuatan makan fermentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment Design), dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Hasil Penelitian menunjukkan nilai uji t nilai sig (2-tailed) 0,77 > 0,05, sehingga dapat dikatakan tidak ada perbedaan yang sginifikan pada hasil belajar antara mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan Nilai keterampilan kerja ilmiah mahasiswa pada kelas kontrol 81,92 dan kelas eksperimen 85 dengan kriteria sangat terampil.

Downloads

Author Biographies

Herditiya Herditiya, Universitas PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA dan Teknologi

Eka Trisianawati, Universitas PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA dan Teknologi

References

Čavić, M. R. D., Jelena, S., Stanisavljević, S. J., Bogdanović, I. Z., Skuban, S. J., & Pavkov-Hrvojević, M. V. (2022). Project-based learning of diffusion and osmosis: Opinions of students of physics and technology at University of Novi Sad. SAGE Open, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.1177/21582440211069147

Farida, M. K., Setyosari, P., & Aulia, F. (2024). Analisis keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran berbasis proyek. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(3), 172–181. http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i32024p172

Gapari, M. Z. (2023). Pengaruh penggunaan metode presentasi (advance organizer) terhadap hasil belajar kelas X di MA Da Jerowaru. Al-Gafari: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 1(1), 29–39. https://www.jurnal.zarilgapari.org/index.php/gafari/article/view/8

Hutasoit, S. A. (2021). Pembelajaran teacher centered learning (TCL) dan project based learning (PBL) dalam pengembangan kinerja ilmiah dan peninjauan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(10), 1775–1799. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.294

Inayatin, A. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar biologi pada materi bioteknologi melalui model pembelajaran project based learning pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pandeglang tahun 2015. Metakognisi, 2(2), 58–69. https://doi.org/10.57121/meta.v2i2.38

Jehanus, C. R., Ayu, H. D., & Sundaygara, C. (2019). Pengaruh problem based learning berbasis asesmen kinerja terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kerja ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 39–45. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1359

Khanafiyah, S. S. (2010). Pengembangan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa calon guru fisika melalui eksperimen gelombang open-inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 115–122. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i2.1123

Noor, I. A. (2021). Penggunaan metode presentasi untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Sungai Loban. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 1(1), 397–409.

Noviati, W., Syafruddin, & Ramdhayani, E. (2023). Project based learning (PjBL) dalam pembelajaran bioteknologi terhadap keterampilan proses siswa. Jurnal Profesi Keguruan, 9(3), 275–280.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Jurnal Edumath, 2(2), 110–117. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.455

Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, M. (2021). Project based learning (PjBL) learning model in science learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012043

Rasmawan, R. (2017). Profil keterampilan kerja ilmiah dan berpikir kritis siswa. EDUSAINS, 9(1), 60–70. http://dx.doi.org/10.15408/es.v9i1.4417

Sari, S. Y., & Dewi, W. S. (2018). Kondisi awal perkuliahan IPA SMP/MTs kelas IX dalam rangka pengembangan alat peraga berbasis project based learning. Jurnal Eksak Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/248

Siregar, S. D., Nahdiyati, K., Damayanti, A. F., Kusnadi, & Rahman, T. (2024). Strategi pembelajaran pada materi biomolekuler dan bioteknologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5551–5563. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7031

Subekti, H., Handriyani, A., Purnomo, A. R., Eka, F., Arindra, W., & Widiansyah, T. (2019). Bioteknologi sebuah pembelajaran terintegrasi STEM pada matakuliah bioteknologi bagi mahasiswa calon guru IPA. Graniti: Gresik.

Stevanus. (2022). Meningkatkan pemahaman siswa tentang teks iklan melalui metode presentasi berbantuan media PowerPoint di kelas VIII C SMP Negeri 2 Kumai tahun pelajaran 2019/2020. Anterior Jurnal, 22(1), 7–16. https://doi.org/10.33084/anterior.vxix.xxx

Syafii, I. (2023). Meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek: Materi hakikat ilmu kimia dan metode ilmiah. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 3(1), 2807–3878. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.439

Ummi, W., Rohimah, S., & Su’udi, M. (2019). Perkembangan bioteknologi di Indonesia. Rekayasa, 12(2), 85–90. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v12i2.5469

Utama, K. O. D., & Sukaswanto. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 79–91. https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i2.33560

Zega, A. (2021). Penerapan model project based learning (PjBL) dalam mata kuliah konstruksi bangunan pada mahasiswa prodi teknik bangunan IKIP Gunungsitoli. Jurnal Edumaspul, 5(1), 622–626. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1884

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Herditiya, H., & Trisianawati, E. (2025). Penerapan model PjBL melalui pembuatan produk fermentasi terhadap hasil belajar bioteknologi dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 14(1), 92–100. https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8468