Penerapan model PjBL melalui pembuatan produk fermentasi terhadap hasil belajar bioteknologi dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8468Keywords:
Fermentasi, Hasil Belajar, Keterampilan Kerja Ilmiah, PjBLAbstract
Bioteknologi mampu menjawab berbagai kebutuhan pangan melalui olahan makanan fermentasi. Pada perkuliahan bioteknologi telah dibahas mengenai teknink dan olahan ferementasi, namun pada saat evaluasi di dalam kelas, mahasiswa belum mampu menyebutkan secara benar apa saja variasi makanan dan minuman yang termaksud olahan fermentasi maka dari itu perlu adanya pendalaman materi berkaitan dengan bioteknologi, tidak hanya teori saja tapi melalui projek pembuatan makanan ferementasi sehingga mahasiswa memahami bagaiamana pembuatan produk fermentasi dengan benar. Model pembelajaran yang tepat untuk mendukung kegiatan belajar dan mengukur keterampilan kerja ilmiah salah satunya model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengukur perbedaan hasil belajar dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa melalui pembuatan makan fermentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment Design), dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Hasil Penelitian menunjukkan nilai uji t nilai sig (2-tailed) 0,77 > 0,05, sehingga dapat dikatakan tidak ada perbedaan yang sginifikan pada hasil belajar antara mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan Nilai keterampilan kerja ilmiah mahasiswa pada kelas kontrol 81,92 dan kelas eksperimen 85 dengan kriteria sangat terampil.
Downloads
References
Čavić, M. R. D., Jelena, S., Stanisavljević, S. J., Bogdanović, I. Z., Skuban, S. J., & Pavkov-Hrvojević, M. V. (2022). Project-based learning of diffusion and osmosis: Opinions of students of physics and technology at University of Novi Sad. SAGE Open, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.1177/21582440211069147
Farida, M. K., Setyosari, P., & Aulia, F. (2024). Analisis keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran berbasis proyek. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(3), 172–181. http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i32024p172
Gapari, M. Z. (2023). Pengaruh penggunaan metode presentasi (advance organizer) terhadap hasil belajar kelas X di MA Da Jerowaru. Al-Gafari: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 1(1), 29–39. https://www.jurnal.zarilgapari.org/index.php/gafari/article/view/8
Hutasoit, S. A. (2021). Pembelajaran teacher centered learning (TCL) dan project based learning (PBL) dalam pengembangan kinerja ilmiah dan peninjauan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(10), 1775–1799. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.294
Inayatin, A. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar biologi pada materi bioteknologi melalui model pembelajaran project based learning pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pandeglang tahun 2015. Metakognisi, 2(2), 58–69. https://doi.org/10.57121/meta.v2i2.38
Jehanus, C. R., Ayu, H. D., & Sundaygara, C. (2019). Pengaruh problem based learning berbasis asesmen kinerja terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kerja ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 39–45. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1359
Khanafiyah, S. S. (2010). Pengembangan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa calon guru fisika melalui eksperimen gelombang open-inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 115–122. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i2.1123
Noor, I. A. (2021). Penggunaan metode presentasi untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Sungai Loban. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 1(1), 397–409.
Noviati, W., Syafruddin, & Ramdhayani, E. (2023). Project based learning (PjBL) dalam pembelajaran bioteknologi terhadap keterampilan proses siswa. Jurnal Profesi Keguruan, 9(3), 275–280.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Jurnal Edumath, 2(2), 110–117. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.455
Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, M. (2021). Project based learning (PjBL) learning model in science learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2019/1/012043
Rasmawan, R. (2017). Profil keterampilan kerja ilmiah dan berpikir kritis siswa. EDUSAINS, 9(1), 60–70. http://dx.doi.org/10.15408/es.v9i1.4417
Sari, S. Y., & Dewi, W. S. (2018). Kondisi awal perkuliahan IPA SMP/MTs kelas IX dalam rangka pengembangan alat peraga berbasis project based learning. Jurnal Eksak Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/248
Siregar, S. D., Nahdiyati, K., Damayanti, A. F., Kusnadi, & Rahman, T. (2024). Strategi pembelajaran pada materi biomolekuler dan bioteknologi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5551–5563. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7031
Subekti, H., Handriyani, A., Purnomo, A. R., Eka, F., Arindra, W., & Widiansyah, T. (2019). Bioteknologi sebuah pembelajaran terintegrasi STEM pada matakuliah bioteknologi bagi mahasiswa calon guru IPA. Graniti: Gresik.
Stevanus. (2022). Meningkatkan pemahaman siswa tentang teks iklan melalui metode presentasi berbantuan media PowerPoint di kelas VIII C SMP Negeri 2 Kumai tahun pelajaran 2019/2020. Anterior Jurnal, 22(1), 7–16. https://doi.org/10.33084/anterior.vxix.xxx
Syafii, I. (2023). Meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek: Materi hakikat ilmu kimia dan metode ilmiah. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 3(1), 2807–3878. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.439
Ummi, W., Rohimah, S., & Su’udi, M. (2019). Perkembangan bioteknologi di Indonesia. Rekayasa, 12(2), 85–90. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v12i2.5469
Utama, K. O. D., & Sukaswanto. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 79–91. https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i2.33560
Zega, A. (2021). Penerapan model project based learning (PjBL) dalam mata kuliah konstruksi bangunan pada mahasiswa prodi teknik bangunan IKIP Gunungsitoli. Jurnal Edumaspul, 5(1), 622–626. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1884
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herditiya Herditiya, Eka Trisianawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.