Pengembangan e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA

Authors

  • Agustian Agustian Universitas Tanjungpura
  • Judyanto Sirait Universitas Tanjungpura
  • Firdaus Firdaus Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8781

Keywords:

e-learning, Media Pembelajaran, website, Fluida Dinamis, SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan, kelayakan, dan efektivitas e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA. Metode yang diterapkan pada studi ini yaitu metode Research and Development (R&D) melalui tahap menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Hasil dari studi ini menjabarkan bahwa validitas e-learning berdasarkan materi, bahasa, media dan penilaian lapangan dikategorikan valid dan layak (73,75%). Implementasi dilakukan pada 68 peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pontianak dan SMAS Santo Paulus Pontianak menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang. Dengan menggunakan uji Wilcoxon, menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan, hal tersebut mengindikasikan implementasi yang dilakukan memberikan peningkatan dan efektif. Pada uji N-Gain dari 68 peserta didik diukur efektivitas mendapatkan nilai 0,58 dengan interpretasi sedang dan dinyatakan cukup efektif dimana skor post-test siswa rata-rata 81,76. Merujuk pada temuan ini bisa dijabarkan bahwa e-learning ini valid, layak digunakan dan cukup efektif untuk diterapkan menjadi media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA.

Downloads

Author Biographies

Agustian Agustian, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Fisika

Judyanto Sirait, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Fisika

Firdaus Firdaus, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Fisika

Hamdani Hamdani, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Fisika

References

Afrilia, A., Rusli, F., Tanti, T., Mutamasikin, M., & Yusuf, M. (2021, April). Development of web-based learning media for physics materials using Moodle in high school. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 012179. IOP Publishing.

Assiddiqi, B. A., Nuraini, L., Murniati, M. E., Azura, S. H., Safitri, V., & Yuliyantika, Y. (2023). Rancang bangun media pembelajaran e-learning berbantuan website Berdu.id pokok bahasan etnofisika. Jurnal Education and Development, 11(2), 95–100.

Azhary, H. A., & Wiyono, K. (2020). Pengembangan e-learning materi fluida dinamis untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 1–10.

Cahyono, Y. D. (2015). E-learning (Edmodo) sebagai media pembelajaran sejarah. Jurnal Penelitian, 18(2), 102–112.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan web based learning sebagai media pembelajaran berbasis ICT. [No journal name provided], 3, [no page numbers].

Fitria, N., Asshaumi, R. U., Putri, Y. D. A., Herman, N. B., Handayani, R. A. D., & Putra, P. D. A. (2023). Analisis efektivitas e-learning sebagai media pembelajaran fisika pada siswa SMA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 167–176.

Gani, A. G. (2018). E-learning sebagai peran teknologi informasi dalam modernisasi pendidikan. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 3(1), 1–19.

Hasriani, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning dengan aplikasi Moodle. Manifestasi: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 35–43.

Hasni, W. S., & Situmorang, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(4). https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9224

Hidayatullah, R. A. (2016). LKP: Pembuatan desain website sebagai penunjang company profile CV. Hensindo (Skripsi, S1 Desain Komunikasi Visual).

Jh, T. S. (2018). Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik statis dan dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51–61.

Juhairiah, S., Kinasih, Q. Y., & Yuwono, D. T. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada pembelajaran IPA di SLBN-2 Palangka Raya: Development of web-based learning media in science learning at SLBN-2 Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 23–30.

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379.

Khamidah, K., & Triyono, R. A. (2013). Pengembangan aplikasi e-learning berbasis web dengan PHP dan MySQL studi kasus SMPN 1 Arjosari. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 2(2), [tanpa halaman].

Lutfi, A. (2023). Sistem informasi e-learning berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. JUSTIFY: Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 1(2), 118–125.

Munir, M. (2012). Multimedia: Konsep & aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nuriyanti, D. D., & Utami, N. R. (2013). Pengembangan e-learning berbasis Moodle sebagai media pembelajaran sistem gerak di SMA. Journal of Biology Education, 2(3), [tanpa halaman].

Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45–54.

Permana, A., Sari, A. I. C., & Suhendra, S. (2023). Penerapan media pembelajaran e-learning untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah statistik. Research and Development Journal of Education, 9(1), 180–187.

Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan. (2015). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle pada matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(2), 178–[tanpa halaman lengkap].

Rosy, B. (2018). Schoology: Changing a negative thinking pattern about use of social media. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(1), 1–6.

Saprianti, G. Y. (2010). Deskripsi miskonsepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Pontianak tentang fluida dinamis (Skripsi, FKIP Universitas Tanjungpura). Pontianak: FKIP Untan.

Sari, R. M. (2021). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik four-tier berbantuan Google Formulir pada konsep termodinamika di SMA Negeri 11 Tangerang Selatan (Skripsi, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setiawan, I. M. D. (2024). The pengembangan sistem e-learning berbasis website di SD Negeri 3 Sesetan. PENDIPA Journal of Science Education, 8(1), 103–107.

Sukarno, M. (2020). Dinamika perkembangan e-learning dan tantangannya dalam media pembelajaran. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(2), 110–124.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada KTSP. Surabaya: Kencana Prenada Group.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan pembelajaran: Teori dan konsep dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wangge, M. (2021). Pelatihan merancang pembelajaran online berbasis e-learning bagi guru dan calon guru. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–10.

Yuliana, Y. (2020). Analisis keefektivitasan pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi Corona (Covid-19). SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(10), 875–894.

Yulita, A. R., Ambarwulan, D., & Bakri, F. (2018). Pengembangan e-learning menggunakan Chamilo untuk membantu proses pembelajaran fisika SMA kelas X semester II. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(2), [tanpa halaman, lengkapi jika ada].

Zainudin, Z. (2017). Pengembangan e-learning fisika menggunakan PhET (Physics Educational Technology) pada materi pokok dinamika gerak lurus berbasis keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pena Sains, 4(1), 22–29.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Agustian, A., Sirait, J., Firdaus, F., & Hamdani, H. (2025). Pengembangan e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 14(1), 62–74. https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8781