Pengembangan e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8781Keywords:
e-learning, Media Pembelajaran, website, Fluida Dinamis, SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan, kelayakan, dan efektivitas e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA. Metode yang diterapkan pada studi ini yaitu metode Research and Development (R&D) melalui tahap menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Hasil dari studi ini menjabarkan bahwa validitas e-learning berdasarkan materi, bahasa, media dan penilaian lapangan dikategorikan valid dan layak (73,75%). Implementasi dilakukan pada 68 peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pontianak dan SMAS Santo Paulus Pontianak menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang. Dengan menggunakan uji Wilcoxon, menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan, hal tersebut mengindikasikan implementasi yang dilakukan memberikan peningkatan dan efektif. Pada uji N-Gain dari 68 peserta didik diukur efektivitas mendapatkan nilai 0,58 dengan interpretasi sedang dan dinyatakan cukup efektif dimana skor post-test siswa rata-rata 81,76. Merujuk pada temuan ini bisa dijabarkan bahwa e-learning ini valid, layak digunakan dan cukup efektif untuk diterapkan menjadi media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA.
Downloads
References
Afrilia, A., Rusli, F., Tanti, T., Mutamasikin, M., & Yusuf, M. (2021, April). Development of web-based learning media for physics materials using Moodle in high school. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1), 012179. IOP Publishing.
Assiddiqi, B. A., Nuraini, L., Murniati, M. E., Azura, S. H., Safitri, V., & Yuliyantika, Y. (2023). Rancang bangun media pembelajaran e-learning berbantuan website Berdu.id pokok bahasan etnofisika. Jurnal Education and Development, 11(2), 95–100.
Azhary, H. A., & Wiyono, K. (2020). Pengembangan e-learning materi fluida dinamis untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 1–10.
Cahyono, Y. D. (2015). E-learning (Edmodo) sebagai media pembelajaran sejarah. Jurnal Penelitian, 18(2), 102–112.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Firmansyah, R., & Saidah, I. (2016). Perancangan web based learning sebagai media pembelajaran berbasis ICT. [No journal name provided], 3, [no page numbers].
Fitria, N., Asshaumi, R. U., Putri, Y. D. A., Herman, N. B., Handayani, R. A. D., & Putra, P. D. A. (2023). Analisis efektivitas e-learning sebagai media pembelajaran fisika pada siswa SMA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 167–176.
Gani, A. G. (2018). E-learning sebagai peran teknologi informasi dalam modernisasi pendidikan. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 3(1), 1–19.
Hasriani, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning dengan aplikasi Moodle. Manifestasi: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 35–43.
Hasni, W. S., & Situmorang, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(4). https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9224
Hidayatullah, R. A. (2016). LKP: Pembuatan desain website sebagai penunjang company profile CV. Hensindo (Skripsi, S1 Desain Komunikasi Visual).
Jh, T. S. (2018). Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik statis dan dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51–61.
Juhairiah, S., Kinasih, Q. Y., & Yuwono, D. T. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada pembelajaran IPA di SLBN-2 Palangka Raya: Development of web-based learning media in science learning at SLBN-2 Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 23–30.
Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379.
Khamidah, K., & Triyono, R. A. (2013). Pengembangan aplikasi e-learning berbasis web dengan PHP dan MySQL studi kasus SMPN 1 Arjosari. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 2(2), [tanpa halaman].
Lutfi, A. (2023). Sistem informasi e-learning berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. JUSTIFY: Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 1(2), 118–125.
Munir, M. (2012). Multimedia: Konsep & aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nuriyanti, D. D., & Utami, N. R. (2013). Pengembangan e-learning berbasis Moodle sebagai media pembelajaran sistem gerak di SMA. Journal of Biology Education, 2(3), [tanpa halaman].
Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45–54.
Permana, A., Sari, A. I. C., & Suhendra, S. (2023). Penerapan media pembelajaran e-learning untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah statistik. Research and Development Journal of Education, 9(1), 180–187.
Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ridwan. (2015). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan media pembelajaran e-learning berbasis Moodle pada matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(2), 178–[tanpa halaman lengkap].
Rosy, B. (2018). Schoology: Changing a negative thinking pattern about use of social media. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 2(1), 1–6.
Saprianti, G. Y. (2010). Deskripsi miskonsepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Pontianak tentang fluida dinamis (Skripsi, FKIP Universitas Tanjungpura). Pontianak: FKIP Untan.
Sari, R. M. (2021). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik four-tier berbantuan Google Formulir pada konsep termodinamika di SMA Negeri 11 Tangerang Selatan (Skripsi, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Setiawan, I. M. D. (2024). The pengembangan sistem e-learning berbasis website di SD Negeri 3 Sesetan. PENDIPA Journal of Science Education, 8(1), 103–107.
Sukarno, M. (2020). Dinamika perkembangan e-learning dan tantangannya dalam media pembelajaran. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(2), 110–124.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada KTSP. Surabaya: Kencana Prenada Group.
Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan pembelajaran: Teori dan konsep dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wangge, M. (2021). Pelatihan merancang pembelajaran online berbasis e-learning bagi guru dan calon guru. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–10.
Yuliana, Y. (2020). Analisis keefektivitasan pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi Corona (Covid-19). SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(10), 875–894.
Yulita, A. R., Ambarwulan, D., & Bakri, F. (2018). Pengembangan e-learning menggunakan Chamilo untuk membantu proses pembelajaran fisika SMA kelas X semester II. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(2), [tanpa halaman, lengkapi jika ada].
Zainudin, Z. (2017). Pengembangan e-learning fisika menggunakan PhET (Physics Educational Technology) pada materi pokok dinamika gerak lurus berbasis keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pena Sains, 4(1), 22–29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agustian, Judyanto Sirait, Firdaus, Hamdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.