Pengalaman pengguna dan kepercayaan terhadap keamanan OTP dalam sistem autentikasi dompet digital

Authors

  • Heri Wiranto Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol Majalengka
  • Afwa Mufti Salis Universitas Telkom Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8897

Keywords:

Pengalaman Pengguna, Kepercayaan, Keamanan OTP, Dompet Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengalaman pengguna (user experience) dan kepercayaan (trust) terhadap keamanan One Time Password (OTP) dalam sistem autentikasi dompet digital. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya adopsi OTP dalam transaksi digital, namun belum banyak penelitian yang menyoroti pengaruh pengalaman pengguna terhadap kepercayaan terhadap sistem ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional, melibatkan 100 responden pengguna dompet digital yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Likert skala 4 poin dan dianalisis menggunakan uji korelasi Rank-Spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman pengguna dan kepercayaan terhadap keamanan OTP, dengan nilai p = 0,657 dan koefisien korelasi ρ = 0,045. Nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 0,2% menunjukkan bahwa kontribusi pengalaman pengguna terhadap kepercayaan sangat kecil. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun pengalaman pengguna penting dalam aspek lain seperti kepuasan dan loyalitas, kepercayaan terhadap OTP kemungkinan lebih dipengaruhi oleh persepsi risiko, pemahaman teknologi, dan edukasi keamanan. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan autentikasi yang tidak hanya berfokus pada kenyamanan, tetapi juga pada edukasi dan transparansi sistem keamanan.

Downloads

References

Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian di marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p896-906

Agustiono, Listyorini, S., & Nugraha, H. S. (2022). Pengaruh customer experience terhadap customer loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi pada masyarakat Semarang pengguna LinkAja). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 244–256. https://doi.org/doi.org/10.14710/jiab.2022.34564

Alfarizi, S., Sumaryana, Y., & Sundari, S. S. (2024). Rancang bangun sistem informasi jual beli motor menggunakan one time password (OTP) dan Mailtrap API. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2), 1115–1122. https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4137

Almaiah, M. A., Al-Otaibi, S., Shishakly, R., Hassan, L., Lutfi, A., Alrawad, M., Qatawneh, M., & Alghanam, O. A. (2023). Investigating the role of perceived risk, perceived security and perceived trust on smart m-banking application using SEM. Sustainability (Switzerland), 15(13), 1–17. https://doi.org/10.3390/su15139908

Efrianto, G., & Tresnawaty, N. (2021). Pengaruh privasi, keamanan, kepercayaan dan pengalaman terhadap penggunaan fintech di kalangan masyarakat Kabupaten Tangerang Banten. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Ekonomi, 6(1), 53–72. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v6i1.71

Faizi, N., Febrilia, I., & Rahmi. (2022). Analisis pengaruh customer experience dan e-service quality terhadap customer satisfaction pada pengguna transportasi online di Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(2), 391–403. https://doi.org/doi.org/10.21009/jbmk.0302.05

Hernawan, M., & Harimurti, C. (2021). Pengaruh customer experience dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Smartfren. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(4), 61–77. https://doi.org/doi.org/10.31334/jambis.v1i4.1808

Khasanah, N. I., Mujianto, A. H., & Widoyoningrum, S. (2023). P Peningkatan sistem keamanan one time password (OTP) pada token aplikasi computer based test (CBT) menggunakan algoritma SHA-256. INOVATE - Jurnal Ilmiah Inovasi Teknologi Informasi, 8(1), 18–27. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/inovate/article/view/5084

Muhtasim, D. A., Tan, S. Y., Hassan, M. A., Pavel, M. I., & Susmit, S. (2022). Customer satisfaction with digital wallet services: An analysis of security factors. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 13(1), 195–206. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2022.0130124

Nirawati, L., Pratiwi, A. D., Mutiahana, A., & Afida, E. A. (2020). Pengaruh kepercayaan konsumen dan pengalaman pelanggan (customer experience) terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Transformation, 1(9), 624–631. https://doi.org/doi.org/10.46799/jst.v1i9.157

Rahayu, S., & Faulina, S. T. (2022). Pengaruh digital customer experience dalam menciptakan customer satisfaction dan customer loyalty di era digital. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.568

Rahmadsyah, M., Ananda, Y., Nasution, A. A., & Arif, A. (2025). Rancang bangun sistem akses kendaraan roda dua dengan sistem kode one time password (OTP) dan e-KTP berbasis Arduino Uno. Journals of Telecommunication and Electrical Scientific (JTELS), 02(01), 58–65. https://doi.org/https://doi.org/10.24010/jtels.v2i01.1064

Raihan, F., Renaldy, R., & Putra, H. R. (2024). Sistem keamanan data web layanan kesehatan dengan metode multi factor authentication (MFA). Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENS), 9(9), 460–467. https://conference.upgris.ac.id/index.php/sens/article/view/6871

Ramadhan, D. Y. (2024). Analisis sentimen opini keamanan kode one time password dompet digital dalam media sosial menggunakan metode lexicon based dan support vector machine learning [Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah].

Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan dan keamanan terhadap minat menggunakan aplikasi OVO. Image: Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53–62. https://doi.org/10.17509/image.v10i1.32009

Suryawijaya, T. W. E. (2023). Memperkuat keamanan data melalui teknologi blockchain: Mengeksplorasi implementasi sukses dalam transformasi digital di Indonesia. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 55–68. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.55-68

Tanera, L. (2023). Tantangan dalam menghadapi perkembangan teknologi dan transformasi digital dalam bisnis waralaba. Jurnal Multilingual, 3(3), 1412–4823. https://doi.org/doi.org/10.26499/multilingual.v3i3.459

Wibawa, S., Suryanto, S., & Ningsih, R. (2024). Perlindungan data digital dengan time-based one-time password (TOTP). INSANtek: Jurnal Inovasi dan Sains Teknik Elektro, 5(1), 30–36. https://doi.org/10.31294/insantek.v5i1.3495

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Wiranto, H., & Mufti Salis, A. (2025). Pengalaman pengguna dan kepercayaan terhadap keamanan OTP dalam sistem autentikasi dompet digital. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 14(1), 75–83. https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.8897