Pengaruh glosarium pendidikan agama Islam berbasis Android terhadap kemampuan awal mahasiswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.9101

Keywords:

glosarium, PAI, Kemampuan Awal

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media glosarium Pendidikan Agama Islam berbasis Android terhadap kemampuan awal mahasiswa di Universitas PGRI Pontianak. Metode penelitian eksperimen dan desain penelitian yaitu nonequivalent control group. Hasil menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, kemampuan awal kedua kelas tergolong rendah, dengan rata-rata masing-masing 41,56 (kelas eksperimen) dan 38,21 (kelas kontrol). Setelah perlakuan, terjadi peningkatan signifikan pada kelas eksperimen menjadi 73,90, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat menjadi 66,60. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa data bersifat homogen (signifikansi 0,074 > 0,05), dan uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok (thitung = 2,099 dengan nulai signifikansi 0,040 < 0,05). Berdasarkan hasil diketahui bahwa media glosarium berbasis Android berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan awal mahasiswa. Sehingga, media glosarium adalah salah satu media efektif yang dapat mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi.

Downloads

Author Biographies

Umi Liwayanti, Universitas PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas MIPA dan Teknologi

Febrianto Sabirin, Universitas PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas MIPA dan Teknologi

Dewi Sulistiyarini, Universitas PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas MIPA dan Teknologi

References

Ali, Z., & Mohamad Ghazali, M. A. I. (2016). Learning technical vocabulary through a mobile app: English language teachers’ perspectives. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 4, 81–91. https://doi.org/10.15282/ijleal.v4.487

Abnisa, A. P., & Zubairi, Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di MTs Daarus Sa’adah Cipondoh Tangerang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2183-2198.

Bank, W. (2024). Foundational learning. World Bank Group.

Benlaghrissi, H., & Ouahidi, L. M. (2023). The impact of mobile-assisted language learning on developing EFL learners’ vocabulary knowledge. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(22), 38–51. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i22.41665

Bittermann, A., McNamara, D., Simonsmeier, B. A., & Schneider, M. (2023). The landscape of research on prior knowledge and learning: A bibliometric analysis. Educational Psychology Review, 35(2). https://doi.org/10.1007/s10648-023-09775-9

Chan, S. W., Looi, C., Kharudin, N. H., Ahmad, F., & Ismail, F. (2026). Self-Regulated Learning and Academic Achievement among University Students in Online Learning Environments. Challenge, 59(2), 192-206.

Chango, W., Cerezo, R., & Romero, C. (2021). Multi-source and multimodal data fusion for predicting academic performance in blended learning university courses. Computers and Electrical Engineering, 89, 1–25. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2020.106908

Deris, F. D., & Shukor, N. S. A. (2019). Vocabulary Learning Through Mobile Apps: A Phenomenological Inquiry of Student Acceptance and Desired Apps Features. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 13(07), pp. 129–140. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i07.10845

Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan. (2020). Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI No. 84/E/KPT/2020 tentang pedoman pelaksanaan mata kuliah wajib pada kurikulum pendidikan tinggi. Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan.

Dong, A., Jong, M. S. Y., & King, R. B. (2020). How does prior knowledge influence learning engagement? The mediating roles of cognitive load and help-seeking. Frontiers in Psychology, 11, 591203. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.591203

Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan awal (prior knowledge): Konsep dan implikasi dalam pembelajaran. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 217–232. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Kemenristek Dikti. (2016). Buku ajar mata kuliah wajib umum agama Islam untuk perguruan tinggi. Kemenristek Dikti.

Khatimah, K., Pagarra, H., & Adnan, A. (2023). Pengaruh pembelajaran blended learning dalam setting glosarium dan forum diskusi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Makassar. In Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya, 11(1).

Lan, L. (2021). Mobile assisted language learning: Cognitive load and task motivation. Lecture Notes in Education Psychology and Public Media, 1(1), 52–57. https://doi.org/10.54254/lnep.iceipi.2021161

Sulistiyarini, D., Liwayanti, U., Sabirin, F., & Florida, R. (2024). Pengembangan glosarium berbasis Android pada mata kuliah pendidikan agama Islam. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 11(1), 1-16

Manurung, P. (2021). Pemanfaatan sumber belajar dalam bidang bimbingan dan konseling. Hikmah, 17(2), 115–127. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i2.96

Mariani, D., Mustaji, M., & Dewi, U. (2025). Pengaruh model problem based flipped learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1492–1497.

Müller, F. A., & Wulf, T. (2024). Differences in learning effectiveness across management learning environments: A cognitive load theory perspective. Journal of Management Education, 48(4), 802–828. https://doi.org/10.1177/10525629231200206

Nursobah, A., Erihadiana, M., Ismail, D. S., & Suharna, A. (2025). Implementasi pendidikan agama Islam dalam kurikulum nasional. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 210–235.

Rianto, B., Lutfi, A., Naser, A. D. M., & Dasari, D. (2022). The effect of prior knowledge and learning motivation on mathematics learning outcomes of junior high school students. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1876–1886. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1876-1886

Rohani, S., & Suyono, A. (2021). Developing an Android-based bilingual e-glossary application of English for specific purposes (ESP). English Language Teaching Educational Journal, 4(3), 225–234. https://doi.org/10.12928/eltej.v4i3.5209

Sari, A. Y., Smaragdina, A. A., Gunawan, A. W., Akbar, I. P. F., Fauziah, N., Nasmansyah, W., & Wardhani, E. R. (2025). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android dampak sosial informatika menggunakan andromo. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 5(1), 35-52.

Wan Ji, P., & Abdul Aziz, A. (2021). A systematic review of vocabulary learning with mobile-assisted learning platforms. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(11), 1503–1521. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i11/11383

Wijaya, I. K., Bakri, R. A., Wutun, A. A., Fitriani, & Mattoliang, A. A. (2019). The effectiveness of mobile learning based Android in learning English vocabularies. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 12, 226–235. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i12.11167

Wulandari, K. D., Wardah, A., Syarifah, L., & Bakar, M. Y. A. (2024). Optimalisasi pembelajaran melalui pemahaman kemampuan awal peserta didik. Journal Sains Student Research, 2(6), 34-45.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Liwayanti, U., Sabirin, F., & Sulistiyarini, D. (2025). Pengaruh glosarium pendidikan agama Islam berbasis Android terhadap kemampuan awal mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 14(1), 121–129. https://doi.org/10.31571/saintek.v14i1.9101