MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS REKON MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA WORDWALL
Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Rekon, Concept Sentence, WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks rekon siswa kelas IX C SMPN 22 Kota Pontianak melalui model pembelajaran Concept Sentence berbantuan media Wordwall. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes menulis dan observasi aktivitas belajar siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal, yaitu dari 43,33% pada pra-siklus, menjadi 60% di siklus I, dan mencapai 93,33% di siklus II. Model Concept Sentence membantu siswa menyusun kalimat dan paragraf secara terstruktur, sementara Wordwall meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan keduanya sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam menulis teks rekon.
Downloads
References
Andini, Ayu. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah).
Gulo, Adenirwati. (2022). Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan. 1(1), 307-313.
Hartono. (2011). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kholid, Ahmad Idham. (2023). Analisis Klausa dalam Teks Rekon pada Buku “Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka”. Journal of Creative Student Research (JCSR). 1(2), 352-377.
Marista, Dhelfi., Utomo, Padi., dan Trianto, Agus. (2021). Analisis Teks Rekon (Recount) di Surat Kabar. Jurnal Ilmiah Korpus. 5(2), 2614-6614.
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa MAN 1 Lamongan. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, VI.