UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILANG PASSING KAKI BAGIAN DALAM SEPAKBOLA MELALUI MODEL PEMBELAJAN PROBLEM-BASED LEARNING DAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA SISWA KELAS XI M8 SMA NEGERI 2 PONTIANAK
Keywords:
passing sepak bola, Problem-Based Learning, Teaching at the Right LevelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing kaki bagian dalam dalam permainan sepak bola melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada peserta didik kelas XI M8 SMA Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil pada siklus pertama menunjukkan nilai rata-rata siswa belum mencapai KKM, yaitu 72,91. Setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua, terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 83,61, dengan 30 dari 34 siswa dinyatakan tuntas. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model PBL yang dipadukan dengan pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan keterampilan teknik passing, serta mendorong peningkatan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa dalam pembelajaran PJOK
Downloads
References
Amin, R. (2020). Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepakbola pada siswa SMP Citra Mulia Makassar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 8(1), 45–52.
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Suhardjono. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmawan, M. (2023). Penerapan model Problem-Based Learninguntuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi bola voli di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 11(1), 45–55.
Fitriani, N. (2022). Implementasi Pendekatan TaRL dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(2), 260–265.
Gunawan, P., Wati, F., & Ishar, A. (2024). Penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola pada siswa kelas XI IPA 5 SMAN 10 Gowa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK), 12(1), 15–25.
Gunawan, P., Wati, F., & Ishar, A. (2024). Peningkatan hasil belajar permainan passing dan kontrol sepakbola melalui metode variasi pada siswa kelas XI IPA 5 SMAN 10 Gowa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK), 12(1), 15–25.
Gunawan, P., Wati, F., & Ishar, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Permainan Passing dan Kontrol Sepak Bola. Jurnal EduLeCJ, 5(2), 15–25.
Komarudin. (2016). Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1185–1190.
Kurnain, M., & Andrijanto, A. (2023). Penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 11(2), 112–121.
Mahardika, W., Yulianto, P. F., Budiyono, K., & Hermono, G. (2023). Upaya Menambah Hasil Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam Games Sepak Bola Dengan Memakai Pembelajaran Drill. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 45–52.
Mualimin. (2014). Dasar-Dasar PTK. Yogyakarta: UNY Press.
Prasetyo, M. S., & Setiabudi, M. A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Pembelajaran Sepak Bola Dengan Media Audio Visual. Jurnal Kejaora, 2(2), 128–135.
Purwanto, I. W., Astra, I. M., & Adnyana, I. K. (2024). Penerapan model Problem-Based Learninguntuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 12(2), 75–85.
Rahman, Z., & Maulidin. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajaran Passing Sepak Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam Melalui Media Permainan Kucing-Kucingan. Jurnal Cahaya Mandalika, 2(1), 9–13.
Rosyidah, R., Pramudito, H., & Wulandari, D. (2022). Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 260–265.
Rustanto, M. (2017). Teknik dasar passing kaki bagian dalam dalam permainan sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5(2), 123–130.
Sahabul Adri, A. R., Soegiyanto, S., & Soekardi, S. (2015). Perbedaan pengaruh media pembelajaran visual dan audiovisual terhadap hasil belajar dribbling dan passing dalam permainan sepakbola pada siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 4(2), 78–85.
Suhardjono. (2019). Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Surabaya: Unesa University Press.