Analisis Perilaku Sosial Siswa Berlandaskan Perspektif Teori Bandura

Authors

  • Bagus Riski Saputra Institut Agama Islam Negeri Metro
  • karsiwan institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8145

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku sosial remaja di Kelurahan Tejosari, menggunakan perspektif Teori Albert Bandura. Media sosial telah menjadi kebutuhan primer bagi remaja, dengan berbagai dampak yang ditimbulkan, baik positif maupun negatif. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara, dan triangulasi data untuk memahami bagaimana remaja di Tejosari memodelkan perilaku dari teman sebaya melalui media sosial, yang kemudian memengaruhi pola komunikasi, kepercayaan diri, dan kesejahteraan mental mereka. Hasil menunjukkan bahwa remaja cenderung meniru perilaku yang dilihat, mengalami peningkatan ketergantungan pada media sosial, serta berkurangnya interaksi sosial langsung, yang mengarah pada kecanduan dan potensi perubahan karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

karsiwan, institut Agama Islam Negeri Metro

thesis supervisor

References

Admoko, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Sosial-Kognitif di Sekolah Dasar: Implementasi Teori Albert Bandura. 4.

Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. TEMATIK, 7(2), 130–139. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.461

Ansani & H. Muhammad Samsir. (2022a). Teori Pemodelan Bandura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067–3080. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.692

Ansani & H. Muhammad Samsir. (2022b). Teori Pemodelan Bandura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067–3080. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.692

Miles, MB, Huberman, AM& Saldana, J. (2014).Qualitative Data Analysis, vol. 3nd, SAGE Publications

Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 272. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679

Ferlitasari, R. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA.

Firdaus, R. A., & Dewi, D. S. E. (2021). EFIKASI DIRI DENGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN INTERNET PADA REMAJA DIMASA PANDEMI COVID-19. PSIMPHONI, 1(2), 67. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v1i2.11353

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. 1(3).

Habsy, B. A., Andani, N. F., Anggreani, K., & Buana, I. R. T. (2023). Memahami Teori Belajar Perilaku (Behaviorisme dan Teori Belajar Sosial Bandura serta Contoh Penerapannya). Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 1(2), 223–239. https://doi.org/10.58578/ajecee.v1i2.2152

Hidayah, N., Febrianti, S., & Virgianti, N. E. (2024). ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP POLA PERGAULAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KAYU AGUNG.

Juhaepa, J., Yusuf, B., Ridwan, H., Sarpin, S., Kasim, S. S., & Elkianus, A. H. (2022). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL REMAJA DI KELURAHAN ANDUONOHU KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI. Jurnal Neo Societal, 7(2), 71. https://doi.org/10.52423/jns.v7i2.24945

Maulana Maslahul Adi, H. (2020). TEORI BELAJAR BEHAVIORISME ALBERT BANDURA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10(1), 22. https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7803

Mursyid, P. A., & Siregar, P. A. (2023). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL REMAJA SMAN 21 MEDAN. 1 No. 1 Juli 2023(1), 208–214.

Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). GAWAI DAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL SISWA MI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS V MIN 2 KOTA MATARAM). El Midad, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903

Pekuali, S., & Kaborang, V. D. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PERKEMBANGAN IDENTITAS SOSIAL PADA REMAJA. Open Access, 3(1).

Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukoharjo. Gaster, 18(1), 65. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487

Rahayu, F. S., Kristiani, L., & Wersemetawar, S. F. (2019). Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Sosial Remaja di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. UN PGRI Kediri.

Rezeki Hasibuan, S., Titin Sumanti, S., & Rozi, F. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA PERILAKU KOMUNIKASI SISWA SMA AR-RAHMAN MEDAN. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(5), 1411–1418. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i5.803

Rosmalina, A., & Khaerunnisa, T. (2021). Penggunaan Media Sosial dalam Kesehatan Mental Remaja. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 49. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8755

Safitri, A. R., Anggraini, D. M., Mujahida, St. H., & Muhyatun, M. (2021). Peran pendidikan karakter dalam penggunaan media sosial bagi remaja. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5846

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2132–2140. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161

Subarjo, A. H., & Setianingsih, W. (2020). Literasi Berita Hoaxs Di Internet Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Mahasiswa (Studi Tentang Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa STT Adisutjipto Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkn.51109

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023a). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023b). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Bagus Riski Saputra and karsiwan (2024) “Analisis Perilaku Sosial Siswa Berlandaskan Perspektif Teori Bandura”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 11(3), pp. 403–415. doi: 10.31571/sosial.v11i3.8145.