Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Prososial Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8189Abstract
Profil Pelajar Pancasila sebagai kerangka pendidikan karakter di Indonesia berupaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan, sementara religiusitas dapat memperkuat fondasi moral siswa. Keduanya dianggap mampu mendorong perilaku prososial, yaitu tindakan membantu dan peduli terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penguatan profil pelajar Pancasila dan religiusitas dengan perilaku prososial siswa, yang diharapkan dapat memperkaya pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan perilaku prososial positif di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan populasi siswa SMPN 4 Tarogong Garut, dengan sampel yang dipilih melalui metode purposive sampling, menghasilkan 100 responden. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Penguatan profil pelajar Pancasila berpengaruh positif terhadap Perilaku prososial; b) Religiusitas berpengaruh positif terhadap perilaku prososial; c) Penguatan profil pelajar Pancasila dan Religiusitas secara Bersama berpengaruh terhadap Perilaku prososial.
Kata Kunci: Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Religiusitas, Perilaku Prososial
Downloads
References
Ardhiani, N. R., & Darsinah, D. (2023).” Strategi pengembangan perilaku prososial anak dalam menunjang aspek sosial emosional”. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no.1, pp. 540-550.
Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini, P. (2023). “Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD”. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 26906-26912.
Cheon, S. H., Reeve, J., & Ntoumanis, N. (2018). “A Needs-Supportive Intervention To Help PE Teachers Enhance Students' Prosocial Behavior And Diminish Antisocial Behavior”. Psychology of Sport and Exercise, vol. 35, no. 5, pp.74-88.
Cohen J. (2013). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. Routledge.
Conte, E., Grazzani, I., & Pepe, A. (2018). “Social Cognition, Language, And Prosocial Behaviors: A Multitrait Mixed-Methods Study In Early Childhood”. Early Education and Development, vol. 29, no. 6, pp. 814-830.
Davidson, M., & Lickona, T. (2006). “Integrating Excellence and Ethics in Character Education”. Social Science Docket, vol. 6, pp. 5-8.
Genisa, O., Safaria, T., & Aulia, A. (2021). “Perilaku Prososial Remaja Di Tinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Religiusitas”. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, vol. 17, no. 2, pp. 278-296.
Hanifah, F. D., & Hamdan, S. R. (2021). “Kontribusi Religiusitas Terhadap Perilaku Prososial Guru Sekolah Inklusi Berbasis Islam”. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, vol. 4, no. 1, pp. 67-80.
Hood, R. W., Hill, P. C., & Spilka, B. (2009). The Psychology of Religion: An Empirical Approach (4th ed.). New York: Guilford Press.
Jadoon, A. I., Khan, F., Syeda Tehmina Naz Bukhari, N. T. S., Gilani, S. Z., Ishfaq, U., & Ullah, M. (2022). “Effect Of Teacher-Student Relationship On Pro-Social Behavior And Academic Achievement Of Secondary School Students”. Indian Journal of Economics and Business, vol. 21, no. 1, pp. 331-337.
Kislyakov, P. A., & Shmeleva, E. A. (2020). “Analysis Of Russians’ Views On Personal Qualities As A Basis For Prosocial Safe Behavior Factors’ Identification”. The Open Psychology Journal, vol. 13, no. 1, pp. 183-197.
Lestari, S. S., & Witri, T. M. (2019). “Hubungan Antara Religiusitas dan Kecerdasan Emosional Terhadap Komunikasi Sosial:(Studi Pada Perilaku Prososial Mahasiswa)”. Medium, vol. 7, no. 1, pp. 1-17.
Marengo, D., Jungert, T., Iotti, N. O., Settanni, M., Thornberg, R., & Longobardi, C. (2018). “Conflictual Student–Teacher Relationship, Emotional And Behavioral Problems, Prosocial Behavior, And Their Associations With Bullies, Victims, And Bullies/Victims”. Educational Psychology, vol. 38, no. 9, pp. 1201-1217.
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar”. Abdimas Mandalika, vol. 2, no. 2, pp. 85-90.
Mulyawati, Y., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). “Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 12, no. 2, pp. 150-160.
Nugraheni, H. R. (2024). “Implementasi Pendidikan Altruisme Ekonomi untuk Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila”. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), vol. 3, no. 1, pp. 42-54.
Nurhafiza, N. (2019). “Hubungan Religiusitas dengan Sikap Siswa terhadap Perilaku Prososial”. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 67-71.
Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2023). “Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Penerapan Merdeka Belajar Pada Tingkat SMA”. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 4, pp. 8403-8408.
Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.
Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”. Jurnal Pendidikan Transformatif, vol. 2, no. 1, pp. 84-90.
Satria, M., Adiprima, P., Sekarwulan, K., Hardjatanaja, T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek.
Satrio, D., Budiharjo, A., & Prasetyani, D. (2020). “Hubungan Religiusitas Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Prososial Pada Perawat”. Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, vol. 34, no. 1, pp. 77-85.
Sholiha, A., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). “Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama Al-Falah Deltasari Sidoarjo”. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, vol. 10, no. 4, pp. 377-393.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik”. Jurnal Moral Kemasyarakatan, vol. 8, no. 2, pp. 116-132.
Villardón-Gallego, L., García-Carrión, R., Yáñez-Marquina, L., & Estévez, A. (2018). “Impact Of The Interactive Learning Environments In Children’s Prosocial Behavior”. Sustainability, vol. 10, no. 7, pp. 2138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lili Dianah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.
Most read articles by the same author(s)
- Lili Dianah, Problematika Mahasiswa Dalam Program Pengenalan Lapangan Di SMPN Kabupaten Garut , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 10 No. 3 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial