Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Mahasiswa Asli Papua Program Studi PPKn
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8210Abstract
Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar mahasiswa asli Papua program studi PPKn pada proses pembelajaran. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif lewat desain deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yakni para mahasiswa asli Papua merasa malu dan takut kepada teman-teman ketika ingin menyampaikan pendapat, serta mereka juga takut dibully teman-teman mereka ketika ikut berpartisipasi pada proses pembelajaran.
Downloads
References
Fahmi. (2004). Penyesuaian Diri Remaja. Bandung : Karya Pustaka.
Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif).
Hurlock, E. B. 2001. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. (Edisi Kelima)
Kuh, G. D., Kinzie, J., Buckley, J. A., Bridges, B. K., & Hayek, J. C. (2008). What matters to student success: A review of the literature. National Postsecondary Education Cooperative.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.
Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi belajar mengajar. Surabaya: Jakad Media Publishing.
SUTIANAH, D. C., Pd, S., & Pd, M. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.
Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Wacana, 12(1), 86-109.
Astin, A. W. (1984). Student involvement: A developmental theory for higher education. Journal of College Student Personnel, 25(4), 297-308.
Cauna, A., Pratiknjo, M. H., & Deeng, D. (2019). Perilaku Mahasiswa Asal Papua dalam Proses Belajar di Lingkungan Kampus Universitas SAM Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.
Cardwell, S. M., Bennett, S., & Mazerolle, L. (2021). Bully Victimization, Truancy, and Violent Offending: Evidence From the ASEP Truancy Reduction Experiment. Youth Violence and Juvenile Justice, 19(1), 5-26. https://doi.org/10.1177/1541204020940040
Chaidar, M., & Latifah, R. A. (2024). Faktor–Faktor Psikologis Penyebab Perilaku Bullying. Lentera: Multidisciplinary Studies, 2(3).
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di Smp Negeri 2 Toma Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.
Hoffman, C. Y., Phillips, M. D., Daigle, L. E., & Turner, M. G. (2017). Adult Consequences of Bully Victimization: Are Children or Adolescents More Vulnerable to the Victimization Experience? Youth Violence and Juvenile Justice, 15(4), 441-464. https://doi.org/10.1177/1541204016650004
Nurhayani Nurhayani, Fadillah Ramadhani Asiri, Rianti Simarmata, & Yisawinur Barella. (2024). Strategi Belajar Mengajar. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2644
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12 (1), 40.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566-4573.
Safitri, N. L. (2019). ANALISIS PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE KANCING WARNA PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Education and Human Development Journal, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1066
Sandelowski, M. (2000). Whatever happened to qualitative description? Research in Nursing & Health, 23(4), 334-340.
Setiani, A. P., & Hidayah, L. N. (2024). Dampak bullying terhadap kesehatan psikologis siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41-50.
Sipayung, Z., & Sihotang, H. (2022). Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7129-7138.
Sobandi, A. (2010). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja mengajar guru smkn bidang keahlian bisnis dan manajemen di kota bandung. Jurnal Manajerial, 9(2), 25-34.
Tinto, V. (1997). Classrooms as communities: Exploring the educational character of student persistence. The Journal of Higher Education, 68(6), 599-623.
Usman, I. (2013). Kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya, iklim sekolah dan perilaku bullying. Humanitas, 10(1), 49.
Wong, J. S., & Schonlau, M. (2013). Does Bully Victimization Predict Future Delinquency?: A Propensity Score Matching Approach. Criminal Justice and Behavior, 40(11), 1184-1208. https://doi.org/10.1177/0093854813503443
Juniarti, C. E. PENTINGNYA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG SUKSES.
Boccio, C. M., & Leal, W. E. (2023). The Bully-Victim Overlap and Vaping Activity Among Adolescents. Crime & Delinquency
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ricky Mawara, Ricky Engel Mawara, Joseph A. L. Rahail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.