Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Mahasiswa Asli Papua Program Studi PPKn

Authors

  • Ricky Mawara Universitas Cenderawasih
  • Ricky Engel Mawara Prodi PPKn, FKIP, Universitas Cendrawasih, Papua, Indonesia, Kampus Abepura Jl. Raya Sentani Abepura, Papua 99358
  • Joseph A. L. Rahail Prodi Geografi, FKIP, Universitas Cendrawasih, Papua, Indonesia., Kampus Abepura Jl. Raya Sentani Abepura, Papua 99358

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8210

Abstract

Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi belajar mahasiswa asli Papua program studi PPKn pada proses pembelajaran. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif lewat desain deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yakni para mahasiswa asli Papua merasa malu dan takut kepada teman-teman ketika ingin menyampaikan pendapat, serta mereka juga takut dibully teman-teman mereka ketika ikut berpartisipasi pada proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ricky Engel Mawara, Prodi PPKn, FKIP, Universitas Cendrawasih, Papua, Indonesia, Kampus Abepura Jl. Raya Sentani Abepura, Papua 99358

Prodi PPKn, FKIP, Universitas Cendrawasih, Papua, Indonesia, Kampus Abepura Jl. Raya Sentani Abepura, Papua 99358

Joseph A. L. Rahail, Prodi Geografi, FKIP, Universitas Cendrawasih, Papua, Indonesia., Kampus Abepura Jl. Raya Sentani Abepura, Papua 99358

Prodi Geografi, FKIP, Universitas Cendrawasih, Papua, Indonesia., Kampus Abepura Jl. Raya Sentani Abepura, Papua 99358

References

Fahmi. (2004). Penyesuaian Diri Remaja. Bandung : Karya Pustaka.

Fahyuni, E. F., & Istikomah, I. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif).

Hurlock, E. B. 2001. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. (Edisi Kelima)

Kuh, G. D., Kinzie, J., Buckley, J. A., Bridges, B. K., & Hayek, J. C. (2008). What matters to student success: A review of the literature. National Postsecondary Education Cooperative.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi belajar mengajar. Surabaya: Jakad Media Publishing.

SUTIANAH, D. C., Pd, S., & Pd, M. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.

Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Wacana, 12(1), 86-109.

Astin, A. W. (1984). Student involvement: A developmental theory for higher education. Journal of College Student Personnel, 25(4), 297-308.

Cauna, A., Pratiknjo, M. H., & Deeng, D. (2019). Perilaku Mahasiswa Asal Papua dalam Proses Belajar di Lingkungan Kampus Universitas SAM Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Cardwell, S. M., Bennett, S., & Mazerolle, L. (2021). Bully Victimization, Truancy, and Violent Offending: Evidence From the ASEP Truancy Reduction Experiment. Youth Violence and Juvenile Justice, 19(1), 5-26. https://doi.org/10.1177/1541204020940040

Chaidar, M., & Latifah, R. A. (2024). Faktor–Faktor Psikologis Penyebab Perilaku Bullying. Lentera: Multidisciplinary Studies, 2(3).

Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di Smp Negeri 2 Toma Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.

Hoffman, C. Y., Phillips, M. D., Daigle, L. E., & Turner, M. G. (2017). Adult Consequences of Bully Victimization: Are Children or Adolescents More Vulnerable to the Victimization Experience? Youth Violence and Juvenile Justice, 15(4), 441-464. https://doi.org/10.1177/1541204016650004

Nurhayani Nurhayani, Fadillah Ramadhani Asiri, Rianti Simarmata, & Yisawinur Barella. (2024). Strategi Belajar Mengajar. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2644

Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12 (1), 40.

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566-4573.

Safitri, N. L. (2019). ANALISIS PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE KANCING WARNA PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Education and Human Development Journal, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1066

Sandelowski, M. (2000). Whatever happened to qualitative description? Research in Nursing & Health, 23(4), 334-340.

Setiani, A. P., & Hidayah, L. N. (2024). Dampak bullying terhadap kesehatan psikologis siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41-50.

Sipayung, Z., & Sihotang, H. (2022). Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7129-7138.

Sobandi, A. (2010). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja mengajar guru smkn bidang keahlian bisnis dan manajemen di kota bandung. Jurnal Manajerial, 9(2), 25-34.

Tinto, V. (1997). Classrooms as communities: Exploring the educational character of student persistence. The Journal of Higher Education, 68(6), 599-623.

Usman, I. (2013). Kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya, iklim sekolah dan perilaku bullying. Humanitas, 10(1), 49.

Wong, J. S., & Schonlau, M. (2013). Does Bully Victimization Predict Future Delinquency?: A Propensity Score Matching Approach. Criminal Justice and Behavior, 40(11), 1184-1208. https://doi.org/10.1177/0093854813503443

Juniarti, C. E. PENTINGNYA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG SUKSES.

Boccio, C. M., & Leal, W. E. (2023). The Bully-Victim Overlap and Vaping Activity Among Adolescents. Crime & Delinquency

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Mawara, R., Engel Mawara, R. and A. L. Rahail, J. (2024) “Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Mahasiswa Asli Papua Program Studi PPKn”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 11(3), pp. 314–327. doi: 10.31571/sosial.v11i3.8210.