Analisis Pembelajaran Multikultural pada Sekolah Tingkat SMP di Kecamatan Sajingan Besar Perbatasan Indonesia-Malaysia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan kendala guru dalam menerapkan pembelajaran multikultural tingkat SMP di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Perbatasan Indonesia-Malaysia. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data terdiri dari guru-guru SMP di Kecamatan Sajingan Besar. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan kamera. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi pembelajaran multikultural tingkat SMP di Kecamatan Sajingan Besar Perbatasan Indonesia-Malaysia dilakukan dengan penjelasan langsung pemberian contoh budaya sekitar, teknik diskusi kelompok antar etnis, integrasi budaya lokal dalam bahan ajar/media/modul ajar, pemberian penugasan berupa proyek-proyek kelompok, pembelajaran luar kelas berupa kunjungan atau karya wisata, dan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran multikultural berupa kesulitan mendapatkan bahan ajar multikultural sebagai sumber belajar, ketrampilan guru mengelola pembelajaran multikultural yang kurang, dan siswa yang kurang tertarik mengikuti pembelajaran antar budaya.

Kata Kunci: pembelajaran multikultural, perbatasan indonesia-malaysia, kendala implementasi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hadi Wiyono, Tanjungpura University

A lecturer

Sri Buwono, Universitas Tanjungpura

A lecturer

M Zainul Hafizi, Universitas Tanjungpura

A lecturer

References

Banks, J. A. (2009). Teaching Strategies for Ethnic Studies. Allyn & Bacon.

Barron, B. (2019). Cultural Competence in the Classroom: A Guide for Teachers. Routledge.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). "Using thematic analysis in psychology” dalam Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Garcia, A., & Martinez, M. (2019). "Participatory Research in Multicultural Education: Empowering Teachers and Students." dalam International Journal of Multicultural Education, 21(3), 67-82.

Howard, T. C. (2016). "Colorized Folktales: Culturally Relevant Pedagogy in a First-Year Writing Course." dalam College Composition and Communication, 67(1), 40-64.

Khan, S. (2017). "Student Attitudes toward Multicultural Content: A Case Study of Pre-service Teachers in Pakistan." dalam Journal of Education and Practice, 8(19), 40-48.

Lee, H. (2018). "Exploring Teacher Perceptions of Multicultural Education: A Qualitative Study." dalam Teaching and Teacher Education, 74, 1-10.

Maulida, N., & Haq, A. (2020). "Challenges and Opportunities of Implementing Multicultural Education in Indonesian Schools." Dalam Journal of International Social Studies, 10(1), 77-94.

Ngalimun, Wulandari, & Mirawati. (2022) “Dimensi Dan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Multikultural Pada Mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin” dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Al-Hadi, Vol 2, No 1, Tahun 2022. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6328

Palipung, N. (2016). Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Inklusi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, Vol. 5, No.5 Tahun 2016. DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5320

Smith, L. T. (2017). Decolonizing Methodologies: Research and Indigenous Peoples. Zed Books.

UNICEF. (2018). “Borderless Knowledge and Skills: A Study of the Border Regions of East Kalimantan, West Kalimantan, and Sabah Malaysia” UNICEF East Asia and Pacific Regional Office.

Utami, S. U. (2017). “Pengembangan Pemikiran James A. Banks Dalam Konteks Pembelajaran” dalam Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 2, No. 2, Tahun 2017. DOI : 10.24269/v2.n2.2017.68-76

Wiyono, H., Firmansyah, H., & Ramadhan, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Multikultural di Sekolah. Klaten: Penerbit Lakeisha

Zurayah & Rosilawati. (2019) “Pengembangan Model Pendidikan Penguatan Kebangsaan Bagi Anak-Anak Wilayah Perbatasan: Studi Di Desa Aruk Kecamatan Sajingan Kabupaten Sambas” dalam Raheema: Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol. 6 No 1. DOI: https://doi.org/10.24260/raheema.v6i1.1154

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Wiyono, H., Sri Buwono and Hafizi, M. Z. (2024) “Analisis Pembelajaran Multikultural pada Sekolah Tingkat SMP di Kecamatan Sajingan Besar Perbatasan Indonesia-Malaysia”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 11(3), pp. 365–378. doi: 10.31571/sosial.v11i3.8258.