Analisis Keterampilan Sosial Emosional Siswa Fase B SDN Telang 1 Bangkalan

Authors

  • Fatimah Azzahra Universitas Trunojoyo Madura
  • Aditya Dyah Puspitasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Priyono Tri Febrianto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Julia Ayu Puspita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8289

Abstract

Keterampilan sosial emosional sangat penting dikenalkan sejak dini untuk mengajarkan kepada anak berperilaku yang baik terhadap dirinya sendiri maupun kepada lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalis tingkat keterampilan sosial emosional siswa yang dirancang sedemikian rupa agar berdampak pada keterampilan siswa di abad 21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 46 siswa fase B SDN Telang 1 Bangkalan. Terdapat 5 indikator keterampilan sosial emosional diantaranya indikator kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berhubungan dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket siswa fase B SDN Telang 1 Bangkalan mengenai keterampilan sosial emosional memperoleh persentase hasil 71,2% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aditya Dyah Puspitasari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

Priyono Tri Febrianto, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

Julia Ayu Puspita, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

References

Abdullah, K., Jannah, M., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Andini, R. (2023). Analisis Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Model Cooperative Learning Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(1). https://doi.org/10.20961/ddi.v8i01.39777

Andryani, R., & et al. (2022). Analisis Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas X-1 di SMA Negeri 5 Samarinda. 89–94.

Ardillani, S. P., & Wulandari, M. D. (2022). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Siswa SD Kelas Bawah Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 62. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i1.59194

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Avandra, R., & et al. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 5562. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1314

Azizah, A. A. M., & Maemonah. (2022). Penerapan Think Pair Share pada pembelajaran tematik: Analisis perkembangan sosial emosional siswa usia dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 31. https://doi.org/10.30659/pendas.9.1.31-44

Edi, A., & et al. (2024). Analisis Penerapan Teori Sosial Emosional Pada Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(2), 51–60.

Fitrianto, A. D., & et al. (2023). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional pada Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas V Pada SDN Wonotingal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 8434–8440.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Kusumawati, S. A. R., & et al. (2021). Metode Bermain Peran Sebagai Upaya Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfal, 46–54.

Lathifah, A., & et al. (2023). Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Usia Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 13(1), 104–116.

Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun.

Maulinda, R., & et al. (2020). Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview). Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 300–313. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30448

Muttaqin, I., & et al. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter: Tantangan Dalam Mewujudkan Generasi Emas Di Era 5.0. As-Shuffah: Journal of Islamic Studies, 11–17.

Nurmaya. G, A. L., & et al. (2022). Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 943–953. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2062

Putri, M. A. K., & et al. (2023). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1215.

Qiladah, P. A., & et al. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget dalam Perkembangan Sosial Siswa Kelas V MI Tahfidz Al Asyhar Kedungkandang Kota Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 252–261. Retrieved from http://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index

Rahayuningsih, T. (2024). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Jono dalam Berinteraksi dengan Teman Sebaya. JGSD: Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(3), 19–26. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i3.3

Saptandari, E. W., & et al. (2022). Siap Sekolah dari Rumah : Stimulasi Aspek Sosial- Emosional pada Anak Usia Dini. 6(5), 4417–4430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2002

Sari, P. P., & et al. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.

Sitorus, A. S. (2023). Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial dan Emosional Anak; Studi Korelasional dan Stimulasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.54350

Social Emotional Learning - Carson City School District. Retrivied October 2024., from:http://www.carsoncityschools.com/departements/educational_services /bully_free_zone/social_and_emotional_learning

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.

Sulistiawati, I., & et al. (2023). Stimulasi Aspek Sosial-Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1125–1138. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1900

Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Turmudli, & et al. (2024). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 454–474.

Tusyana, E., & et al. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Inventa, III(1), 25.

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 964–972. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427

Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 644. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Fatimah Azzahra (2024) “Analisis Keterampilan Sosial Emosional Siswa Fase B SDN Telang 1 Bangkalan”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 11(3), pp. 379–390. doi: 10.31571/sosial.v11i3.8289.