Analisis Keterampilan Sosial Emosional Siswa Fase B SDN Telang 1 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8289Abstract
Keterampilan sosial emosional sangat penting dikenalkan sejak dini untuk mengajarkan kepada anak berperilaku yang baik terhadap dirinya sendiri maupun kepada lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalis tingkat keterampilan sosial emosional siswa yang dirancang sedemikian rupa agar berdampak pada keterampilan siswa di abad 21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 46 siswa fase B SDN Telang 1 Bangkalan. Terdapat 5 indikator keterampilan sosial emosional diantaranya indikator kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berhubungan dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket siswa fase B SDN Telang 1 Bangkalan mengenai keterampilan sosial emosional memperoleh persentase hasil 71,2% dengan kategori baik.
Downloads
References
Abdullah, K., Jannah, M., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Andini, R. (2023). Analisis Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Model Cooperative Learning Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(1). https://doi.org/10.20961/ddi.v8i01.39777
Andryani, R., & et al. (2022). Analisis Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas X-1 di SMA Negeri 5 Samarinda. 89–94.
Ardillani, S. P., & Wulandari, M. D. (2022). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Siswa SD Kelas Bawah Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(1), 62. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i1.59194
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Avandra, R., & et al. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 5562. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1314
Azizah, A. A. M., & Maemonah. (2022). Penerapan Think Pair Share pada pembelajaran tematik: Analisis perkembangan sosial emosional siswa usia dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 31. https://doi.org/10.30659/pendas.9.1.31-44
Edi, A., & et al. (2024). Analisis Penerapan Teori Sosial Emosional Pada Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(2), 51–60.
Fitrianto, A. D., & et al. (2023). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional pada Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas V Pada SDN Wonotingal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 8434–8440.
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Kusumawati, S. A. R., & et al. (2021). Metode Bermain Peran Sebagai Upaya Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfal, 46–54.
Lathifah, A., & et al. (2023). Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Usia Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 13(1), 104–116.
Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun.
Maulinda, R., & et al. (2020). Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview). Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 300–313. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30448
Muttaqin, I., & et al. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter: Tantangan Dalam Mewujudkan Generasi Emas Di Era 5.0. As-Shuffah: Journal of Islamic Studies, 11–17.
Nurmaya. G, A. L., & et al. (2022). Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 943–953. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2062
Putri, M. A. K., & et al. (2023). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1215.
Qiladah, P. A., & et al. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget dalam Perkembangan Sosial Siswa Kelas V MI Tahfidz Al Asyhar Kedungkandang Kota Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 252–261. Retrieved from http://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index
Rahayuningsih, T. (2024). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Jono dalam Berinteraksi dengan Teman Sebaya. JGSD: Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(3), 19–26. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i3.3
Saptandari, E. W., & et al. (2022). Siap Sekolah dari Rumah : Stimulasi Aspek Sosial- Emosional pada Anak Usia Dini. 6(5), 4417–4430. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2002
Sari, P. P., & et al. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.
Sitorus, A. S. (2023). Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial dan Emosional Anak; Studi Korelasional dan Stimulasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.54350
Social Emotional Learning - Carson City School District. Retrivied October 2024., from:http://www.carsoncityschools.com/departements/educational_services /bully_free_zone/social_and_emotional_learning
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Sulistiawati, I., & et al. (2023). Stimulasi Aspek Sosial-Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1125–1138. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1900
Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Turmudli, & et al. (2024). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 454–474.
Tusyana, E., & et al. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Inventa, III(1), 25.
Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional dalam Domain Pendidikan: Implementasi dan Asesmen. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 964–972. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4427
Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 644. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fatimah Azzahra, Aditya Dyah Puspitasari, Priyono Tri Febrianto, Julia Ayu Puspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.