Kecerdasan Sosial Keterkaitannya dengan Nilai Mata Kuliah Keterampilan Komunikasi Dasar Konseling
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8345Abstract
Kecerdasan sosial merupakan kemampuan individu dalam berinteraksi dengan orang lain baik secara verbal maupun nonverbal. Individu yang memiliki kecerdasan sosial tinggi cenderung memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan mudah berempati secara alami tanpa dibuat-buat terhadap kebutuhan orang lain. Aspek-aspek kecerdasan sosial relevan dengan karakeristik yang ada pada mata kuliah keterampilan komunikasi dasar konseling. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan kecerdasan sosial dengan nilai mata kuliah keterampilan komunikasi dasar konseling mahasiswa prodi Bimbingan Konseling FKIP UNTAN Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasi. Alat pengumpul datanya menggunakan kuesioner. Populasinya terdiri dari 42 mahasiswa prodi BK angkatan 2022/2023. Analisis datanya menggunakan rumus presentase dan rumus korelasi Eta. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kecerdasan sosial mahasiswa berada pada kategori tinggi yaitu 93,78% dan nilai mata kuliah keterampilan komunikasi dasar konseling tergolong baik yaitu 75,4. Adapun hubungan antara kecerdasan sosial dengan nilai mata kuliah merujuk pada hasil pengukuran menggunakan korelasi Eta hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada keterkaitan yang kuat antara kecerdasan sosial dengan nilai mata kuliah keterampilan dasar konseling mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNTAN angkatan 2022/2023.
Downloads
References
Azwar, S. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta: Erlangga. Champion,
Dean J. (1981). Basic Statistic for Sosial Research. Macmillan. Chandra, Andy. (2017). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa” dalam Jurnal Psikologi Konseling: 10(1).
Dijkstra, P., Barelds, D.P.H., Groothof, H.A.K., & Bruggen, M.V. (2014).
Empathy in Intimate Relationships: The Role of Positive Illusions, Scandinavian Journal of Psychology, 55, 477-482.
Gardner,. (2009). Frames of Mind The Theory of Multiple Inteligences.
Herli, F., dkk. (2014). “Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi” dalam
Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 1(2), 1-15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JO MFEKON/article/view/4552/4435.
Ivey, A. E., Ivey, M. B., & Zalaquett,C.P. (2010) Intentional Interviewing and
Counseling: Facilitating Client
Kusnarto, Kurniawan and Fitriana, Mahadhita (2017). “Hubungan Keterampilan Dasar Konseling Dengan Minat Siswa Mengikuti Konseling Individu” dalam Internasional Journal of Counseling and Education, 6 (2). pp. 56-62. ISSN 2548 - 348x
Mardianti, Lina. (2014). “Hubungan Hasil Sipenmaru, Minat Dan Motivasi Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Di Kebidanan Tingkat I Stikes Medika Cikarang Tahun 2014” dalam Jurnal Ilmiah Kebidanan STIKES Medika, 9 (2).
Richard Nelson – Jones. Penerjemah Helly Prajitno Soetjipto, Sri Mulyantini soetjipto, (2012) Pengantar Ketrampilan Konseling, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, N., Rahim, M., & Puluhulawa, M. (2014). “Korelasi antara Sikap Terbuka dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Limbotu Barat Kabupaten Gorontalo” dalam Skripsi, Prodi S1 Bimbingan dan Konseling, Periode September 2014, 2(3)
Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta
Thorndike, E. L. (1920). Intelligence and its uses. Harper's Magazine, 140,227-235.
Uyun, Z. (2012). Resiliensi dalam Pendidikan Karakter, Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yusuf, Samsu dan Nurihsan, Juntika. (2011). Landasan Bimbingan dan
Konseling. Bandung : PT. Remaja Rosdakar.
Zakiah, L. “Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar” dalam Jurnal Parameter, 32 (1). DOI: doi.org/10.21009/parameter.321.03
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elly Yanti, Yuline
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.