OPTIMALISASI GURU DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31571/jipp.v1i3.4762Keywords:
evaluasi, kognitif, afektif, psikomotorik, bahasa inggris, siswaAbstract
Artikel ilmiah ini ditulis dengan tujuan untuk menemukan dan menganalisis pengaruh optimalisasi pembelajaran terhadap kemampuan berbahasa Inggris dan minat siswa di sekolah dasar. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kebutuhan bahan ajar yang menyeimbangkan antara kebutuhan hard skill dan soft skill dalam hal ini, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebutuhan karakter. Bahan ajar Bahasa Inggris apa saja yang perlu diperbaiki. Guru dan siswa adalah peserta penelitian, dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tes kemampuan menulis bahasa Inggris dan angket minat siswa adalah instrumen yang digunakan dalam penelitian. Analisis varians dua arah digunakan untuk analisis data. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan digunakan dalam penelitian adalah kuesioner dan pedoman. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan beberapa kegiatan seperti sharing knowledge, pendampingan dalam penyiapan dan pelaksanaan materi, serta berpartisipasi dalam diskusi kolaboratif sebagai langkah evaluasi dan refleksi. Siswa didorong untuk beradaptasi dengan cepat dan kritis sebagai hasil dari pendekatan ilmiah kasus ini untuk pengembangan bahan ajar, yang diyakini dapat menghubungkan teori dan praktik. Temuan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan 1) karakter, 2) kerja keras, dan 3) kreativitas, dan bahwa guru memerlukan 1) karakter, 2) percaya diri, 3) tanggung jawab, dan 4) kerja keras untuk mengembangkan karakter siswa. Dengan demikian, siswa dapat menumbuhkan pola pikir kreatif dan meningkatkan minat belajar.
Downloads
References
Al Tayib Umar, A. M., & Ameen, A. A. (2021). The effects of formative evaluation on students’ achievement in english for specific purposes (a case study of the preparatory year students at Umm- Al-Qura University). World Journal of English Language, 11(2), 107–120. https://doi.org/10.5430/WJEL.V11N2P107
Asmuni. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendid, 7(4), 281–288. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy
Bin Mubayrik, H. F. (2020). New Trends in Formative-Summative Evaluations for Adult Education. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020941006
Djoko, D. P., & Khoirun Nisaa Arnoi. (2020). English learning evaluation in EF “ English First .†Jurnal Evaluasi Pendidikan, vol.11(no.1), h.1-6.
Fajriadi, D. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Peningkatan Kemampuan Siswa Pada Reading Comprehension Kelas IX Melalui Metode Group Discussion Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Setia Bakti. 13(1), 102–111.
Firdaus, M. H., & Baisa, H. (2019). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 557–558.
Fisika, J. (2009). Melalui Penerapan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1), 37–41. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI
Gunawan, W., Mastoah, I., Septantiningtyas, N., Wiyarno, Y., & Atiqoh, A. (2022). Pengaruh Strategi PBL dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 6(4), 6023–6029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3122
Harahap, S. D., Siregar, S. D., Nasution, D. S., & Hasibuan, A. (2022). Optimalisasi Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Digital. Acitya Bhakti, 2(1), 43. https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14521
Laely Nuriyah. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8). https://doi.org/10.5281/zenodo.5773190
Mata, P., Bahasa, P., & Hanun, S. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Terhadap Tingkat. 1291–1295.
Muhtasim, M. (2020). … Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Paedagogy, 2, 59–69. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3049%0Ahttps://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/3049/2081
Nurvina Sularso, A. (2020). Evaluation of Online Learning for English Practice Course in Akademi Telkom Jakarta. JUNI 2020 Journal of Informatics and Communications Technology, 21(1), 59–067. http://ejournal.akademitelkom.ac.id/j_ict/index.php/j_ict/article/view/50
Ping, L. (2022). Evaluation Method of English Learning Efficiency Based on Grey Management Analysis. Mathematical Problems in Engineering, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/8510885
Priwati, N. B. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menulis (Writing) melalui Metode ASSURE Terintegrasi dengan Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) pada Pelajaran Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 23–27. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.381
Retnary, I. W. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Jurusan Non-Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional: Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa, 2018, 200–210. https://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7520
Song, C. (2022). An Evaluation Method of English Teaching Ability Based on Deep Learning. Security and Communication Networks, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/8339137
Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2021). Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Iv Di Mi Ma ’ Arif 03 Gentasari Tahun Pelajaran 2019 / 2020.
Surayya, S. A., Prasetyaningrum, A., & Lailawati, L. (2021). Pendampingan optimalisasi penggunaan media pembelajaran Bahasa Inggris sederhana untuk meningkatkan Creativity Quotient. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4172
Utami, N. M. V., Hikmaharyanti, P. D. A., & Putra, D. G. W. (2021). Pengenalan sistem pembelajaran daring serta evaluasi pengetahuan siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris [Introduction of online learning systems and evaluation of students’ knowledge in English lessons]. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2), 49–56. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/japamul/article/view/114
Xu, Y. (2022). English Speech Recognition and Evaluation of Pronunciation Quality Using Deep Learning. Mobile Information Systems, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/7186375
Yang, L. (2022). Evaluation System of English Blended Learning Effect Based on Big Data Technology. Security and Communication Networks, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/7597109
Zhang, C., Gao, M., Song, W., & Liu, C. (2022). Formative Evaluation of College Students’ Online English Learning Based on Learning Behavior Analysis. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(10), 240–255. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i10.31543
Zhao, J., Liang, K., & Hao, Y. (2021). Evaluation of English Teaching Effect Based on the Theory of Multiple Intelligences. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(22), 129–142. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i22.26881
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indira Putri Nurfadilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP) Posting Your Article Policy at https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JIPP/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.