Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bilangan Bulat
DOI:
https://doi.org/10.31571/jipp.v2i3.6760Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bilangan bulat, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) pada materi bilangan bulat, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bilangan bulat. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yakhalusti Pontianak dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan tetap diperoleh kelas VII A dan VII B. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) serta pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) tidak lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Akan tetapi, dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test menunjukkan kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut dapat disebabkan karna siswa terbiasa dengan pembelajaran konvensional yang dimana siswa hanya menerima pelajaran dari guru sehingga proses keterlibatan siswa dalam menentukan materi akan dipelajari dan akan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata, dengan materi lain, dan dengan pelajaran yang belom optimal.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW), kemampuan komunikasi matematis
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2023-11-30 (2)
- 2024-02-21 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Magdalena Noviana Dubau Franciska Lemba, Marhadi Saputro, Iwit Prihatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP) Posting Your Article Policy at https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JIPP/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.