AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DENGAN ASSEMBLR EDU
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v23i1.8615Keywords:
media pembelajaran, Assemblr Edu, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan mengukur kemampuan berpikir kritis dengan aplikasi pembelajaran basis augmented reality dengan aplikasi Assemblr Edu. Melalui penggunaan aplikasi ini, kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan design non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana, sampel penelitian 30 mahasiswa kelas kontrol dan 30 mahasiswa kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrument tes. Analisis data dengan uji normalitas, homogenitas dan uji-T. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen (rata-rata 92,50; SD = 2,36). Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji-t menunjukkan nilai t-hitung (3,71) > t-tabel (2,0018), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Didukung data survei menyatakan 85% responden menyatakan Assemblr Edu menarik, mendukung kreativitas, dan efektif dalam menyampaikan materi. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AR terbukti mampu meningkatkan kualitas pembelajaran kimia di pendidikan tinggi.
Downloads
References
Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astu$ti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan Platform Padlet sebagai Media Pembelajaran Daring pada Perkuliahan Te$knologi Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19. Anwarul, 1(1), 137–152.
Ariska, N. N., Sholeh, M. I., & Laksono, P. J. (2023). Pengembangan E-Book Kimia Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Bentuk Molekul. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2), 197–207.
Ashari, D. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Khazanah Pendidikan, 17(1), 176.
Asmah, S. N., & Purwaningsih, D. I. (2023). Pengembangan Kartu Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 157–171.
Balasubramanian, B., Desantis, C., & Gulotta, M. (2020). Assessment à la Mode: Implementing an Adaptable Large-Scale Multivariant Online Deferred-Grade Exam for Virtual Learning. Journal of Chemical Education, 97(12), 4297–4302.
Chang, R.-C., & Chung, L.-Y. (2018). Integrating augmented reality technology into subject teaching: The implementation of an elementary science curriculum. Lecture Notes in Electrical Engineering, 422, 187–195.
Fitriana. (2021). Problem Based Learning Virtually In Blended Learning Model for Chemistry Lessons During The Covid-19 Pandemic. JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 9(1).
Fitriana, Balol, W., Sunyoto, & Shidqy, A. (2022). Blended Learning Materi Kimia Industri Menggunakan Zoom Meeting. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). 4
Fitriana, N., & Ikawati, A. (2023). Project-Based Effectiveness with Digital Literacy Blended Le$arning ( DLBL ) to Improve Cognitive Abilities in Electrochemical Subjects. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 11(2), 1–8.
Ghifari, Y., Rienovita, E., Amelia, D., Pendidikan, F. I., Indonesia, U. P., Artikel, I., Reality, A., Kritis, B., Analisis, K., & Education, J. (2025). Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan. 13(1), 28–36.
Hatimah, H., & Khery, Y. (2021). Pemahaman Konsep dan Literasi Sains dalam Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, 8(1).
Herliyani, E., Wardana, K. N. H., & Witari, N. N. S. (2022). Pembelajaran Artsteps, Minat Penerapan Teknologi Pameran Online, dan Kepuasan Mahasiswa dalam Berkarya. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 58–72.
Hikmah, S., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2023). Pengembangan Media 3D Materi Indera Pendengaran Manusia dengan Augmented Reality Assembler Edu. Journal on Education, 5(3).
Lismaya, L., Priyanto, A., & Ayu, P. (2022). Application of Augmented Reality Through a Scientific Approach To Students’ Critical Thinking Ability. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 5(1), 31–40.
Nengsih, N., Eka, A. E. S., & Sunandar, A. (2023). Development of augmented reality learning media based on assemblr studio web in ecosystem material. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(2).
Padang, F. A., Ramlawati, Yunus, S. R., & Samputri, S. (2021). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Ke$las VII SMPN 3 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA II.
Pamorti, O. A., Winarno, & Suryandari, K. C. (2024). Effectiveness of Augmented Reality Based Learning Media to Improve Critical Thinking Skills on IPAS Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2211–2219.
Pramarth, I. N. B., Lalita Rathintara, I. A., & Astapa, I. G. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal on Education, 6(1).
Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan. Biodik, 10(2), 238–248.
Ridlwaniyyah, N. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 8, 242–247.
Sari, R. K., Derta, S., Wahyuni, I., Efriye$nti, L., & Kamus, Z. (2020). Augmented Reality as the Learning Media of Fundamental Chemistry on An Android Smartphone. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1).
Syamsuar. (2019). Pendidikan dan Tantangan PembeLajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era RevoluSi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Wijaya, A. (2016). Analysis of Factors Affecting the$ Use of Google Classroom to Support Lectures. International Conference on Information Technology and Engineering Application.
Yang, L., Susanti, W., Hajjah, A., Marlim, Y. N., & Tendra, G. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 122–136.
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 84–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurin Fitriana, Dian Utami Ikhwaningrum , Brahma Ratih Rahayu Fakhrunnia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.