Teknik Small Group Discussion Sebagai Upaya Peningkatan Civic Intelligence

Authors

  • Richie Nicodemus Munthe Universitas Negeri Medan
  • Jamaludin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7973

Keywords:

Teknik Small Group Discussion, Civic Intelligence

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui pengaruh dan efektifitas teknik small group discussion dalam meningkatkan civic intelligence siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah SMP Negeri 4 Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi. Sampel yaitu peserta didik kelas VII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) teknik small group discussion berpengaruh dalam meningkatnya civic intelligence siswa pada kelas eksperimen. (2) efektivitas teknik small group discussion dalam meningkatkan civic intelligence siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dapat dilihat dari keempat aspek civic intelligence yaitu: kecerdasan intelektual, kelas eksperimen 78%, kelas kontrol 70%, kecerdasan emosional, kelas eksperimen 86%, kelas kontrol 81%, kecerdasan spiritual, kelas eksperimen 89%, kelas kontrol 89% serta kecerdasan moral, kelas eksperimen 82%, kelas kontrol 68%. Dengan total keseluruhan civic intelligence kelas eksperimen sebesar 84% sedangkan kelas kontrol 77%.

Downloads

Author Biography

Jamaludin, Universitas Negeri Medan

Dosen Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

References

Adoe, O., & Atty, S. D. (2023). Mengatasi Masalah Bullying di Kalangan Remaja Melalui Konseling Kristen. Jurnal Teologi Injili, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.55626/jti.v3i1.49

Ahmad, K. H., & Nurma, S. (2020). Penerapan Metode Small Group Discussion Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 8(1), 30–35.

Ansori, W. S. (2023). Pengembangan Civic Intelligence Melalui Organisasi Kemahasiswaan: pada Kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP UMS. UMSLibrary, 1–11. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Basri, A. S. H. (2015). Fenomena Tawuran Antar Pelajar dan Intervensinya. 1–17.

Bowo, A. N. A. (2014). Small Group Discussion Berbasis Reading Guide Untuk Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar PKn Siswa MTs. 5(2), 4–21.

Cahyono, W., Bambang, A., & Utomo, B. (2019). Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu. 8(1), 1–10.

Della Salsabila, A. M. (2023). Penguatan Civic Intelligence Dalam Good Citizenhip Melalui Pembelajaran PPKn DI SMP Negeri 2 Belitang III. Jurnal Civicus, 11, No 2 2(2).

Irawan, A. D. (2021). Pengembangan civic intelligence sejak dini di sekolah dasar melalui pembelajaran kewarganegaraan yang nyata Pendahuluan. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 3(1), 52–60.

Kusumawati, I., Ari Bowo, A. N., & Wahono, J. (2021). Model Pembelajaran Ppkn Melalui Pendekatan Komprehensif. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 24. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.43556

Margaret S. Branson. (1999). Belajar “Civic Education” dari Amerika.

Masrukhi. (2018). Pengembangan Civic Intelligence Berbasis Kegiatan Ekstra Kurikuler Di Sekolah Dasar. 14–28.

Nurhaifa, H. S. (2023). Pengaruh Small Group Discussion Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 3(2), 43–51.

Purwati, R. P. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 202. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45725

Saraswati, N. F. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8.

Saraswati, N. F., & Djazari, M. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22049

Septiana, T. (2023). Penggunaan Media Search Engine Dalam Meningkatkan Civic Intelligence Siswa Pada Mata Pelajaran PKN (Studi Deskriptif Siswa Kelas VII di SMP Islam Fathia Kota Sukabumi). Journal of Education and Culture, 3(2), 29–37. https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/jec/index

Siswanti, A. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn Materi Norma dalam Ke- hidupan Bermasyarakat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Small Group Discussion Siswa Kelas VIIc SMP Negeri 2 Murung Pudak 9(1), 65–77.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Dr.Ir.Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Suranti, S. (2019). Implementasi pembelajaran cooperative learning dengan small group discussion dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan (JKPP), 1(2), 78–84. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jkpp

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Nicodemus Munthe, R., & Jamaludin. (2025). Teknik Small Group Discussion Sebagai Upaya Peningkatan Civic Intelligence. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 255–266. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.7973