Kewarganegaraan Di Masyarakat Jaringan: Dampak Interaksi Online Terhadap Solidaritas dan Kohesi Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.8102Keywords:
Kewarganegaraan Masyarakat Digital, Interaksi Sosial, Kohesi SosialAbstract
Kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi telah merevolusi cara masyarakat berinteraksi, menciptakan fenomena masyarakat jaringan di mana relasi sosial berlangsung melalui media digital yang melampaui batas ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika solidaritas dan kohesi sosial dalam konteks masyarakat jaringan, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan fenomena sosial yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial secara daring memiliki dampak yang kompleks dan beragam. Di satu sisi, media sosial memungkinkan solidaritas terbentuk lebih luas dan lintas batas, memfasilitasi koneksi dan mobilisasi. Namun, di sisi lain, interaksi digital juga memunculkan tantangan seperti polarisasi, atomisasi, dan konflik antar kelompok akibat konten provokatif. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang seimbang untuk mengelola interaksi daring, dengan mengoptimalkan teknologi digital sambil tetap memperkuat hubungan sosial secara langsung guna membangun solidaritas yang kokoh dan inklusif di era digital ini.
Downloads
References
Arnaz, Y., Arif, A., & Setiadi, F. (2022). Peran Media Sosial dalam Membentuk Kewarganegaraan Transformatif. 2(December), 103–118. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol2.iss2.art3
Cahyono, A. S. (n.d.). Anang Sugeng Cahyono, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. 140–157.
Guntoro, H., Rikardo, D., Amirullah, Fahrisani, A., & Suarsana, I. P. (2022). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. E-Journal Marine Inside, 1(2), 1–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i2.9
Harianja, L. W. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Di Masyarakat. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 76–81. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.2217
Nurrizka, A. F. (n.d.). Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di Surakarta Suatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial. 5(April 2016), 1–17.
Veerman, G., Denessen, E., Veerman, G., & Denessen, E. (2021). Social Cohesion In Schools : A Non-Systematic Review Of Its Conceptualization And Instruments Curriculum & Teaching Studies | Review Article Social Cohesion In Schools : A Non-Systematic Review Of Its Conceptualization And Instruments. Cogent Education, 8(1). Https://Doi.Org/10.1080/2331186x.2021.1940633
Alifia, N. (2024). Eksplorasi Kualitatif Dinamika Komunitas Online : Pola Interaksi dan Pengaruhnya dalam Era Digital, 2(1), 254–263.
Ramadhan, M. H. (2022). Mahasiswa Uhamka Di Kampus The Effect Of PPKM On Individual Interactions Between Uhamka Students At Campus, 07(01), 38–44.
Ikhsan, F. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hubungan Sosial di Era Digital, 2(1).
Suwarno, Y. A. (2023). Interaksi sosial Melalui Media Sosial Tik-Tok di Kalangan Siswa SMA PGRI 4 Jakarta, (April), 46–54.
Tane, R., Marlina, S., Tarigan, R. J., Keperawatan, F., & Sosial, I. (2022). Penggunaan Media Sosial Mempengaruhi, 6(3), 284–292.
Of, P., Interaction, S., Families, I. N., Live, W. H. O., In, S., Village, W., & District, S. (2021). Copi susu :, 3(1), 33–46.
Bruns, A. (2018). Gatewatching and News Curation: Journalism, Social Media, and the News. Peter Lang.
Tufekci, Z. (2017). Twitter and Tear Gas: The Power and Fragility of Networked Protest. Yale University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Frans Togu Sihombing, Latifah Hannum Gultom, Lidia Rumapea, Tri Santa Lasmarito Mahulae, Yunita Tri Carnova Manurung, Fazli Rachman (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.